Heboh, Air Sumur Berasap dan Suhu Panasnya Capai 58 Derajat Celcius, Kok Bisa?

Kamis 08-08-2024,20:19 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Heboh, air sumur berasap dan suhu panasnya capai 58 derajat celcius, kok bisa?

Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan fenomena alam yang jarang terjadi, yakni air sumur berasap. 

BACA JUGA:Kemendag Bagikan Sitaan Impor Ilegal untuk Bahan Bakar ke Pabrik, Totalnya Capai Rp 46 Miliar

Diketahui fenomena tak biasa tersebut terjadi di perumahan Mutiara Citra Asri, cluster Citra Taman Apsari, Desa Boro, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. 

Suhu air sumur tersebut bahkan mencapai 58,4 derajat Celsius, membuat warga bertanya-tanya tentang penyebab di balik kejadian ini.

Menurut Supriyono, salah seorang warga setempat yang pertama kali menyadari kejadian ini, suhu air sumur yang panas tersebut diukur menggunakan alat thermal imaging. 

“Memang benar bahwa air sumur tersebut panas, setelah saya cek suhunya dengan menggunakan thermal imaging panasnya mencapai 58,4 Celsius,” ujar Supriyono pada Kamis (8/8/2024).

Supriyono menjelaskan bahwa suhu air sebesar 58,4 derajat Celsius diukur dari air yang keluar di salah satu kran di area balai RW. Sementara itu, air yang berada di dalam sumur sendiri diukur suhunya menggunakan thermal imaging mencapai 52,8 derajat Celsius. 

BACA JUGA:Harga Xiaomi Agustus 2024 Terbaru, Lengkap dengan 5 Pilihan HP Xiaomi Terbaik di 2024

Fenomena yang Mengundang Pertanyaan

Hingga saat ini, penyebab dari fenomena air panas di dalam sumur yang terletak di samping balai RW ini masih belum diketahui. “Sampai saat ini fenomena air panas di dalam sumur di samping balai RW ini warga perumahan belum mengetahui penyebabnya,” jelas Supriyono. 

Ia menambahkan bahwa asap yang awalnya keluar dari air sumur kini sudah mulai berkurang. Padahal sebelumnya asap tersebut tampak jelas terlihat. 

Meski demikian, air sumur tersebut tidak mengeluarkan bau gas yang berbahaya seperti gas metana atau belerang, yang biasanya menyertai fenomena geothermal.

BACA JUGA:Siang Hari, Penjaga Pasar Malam di Lapangan Setia Negara Curup Ditemukan Tak Bernyawa

Kekhawatiran Warga

Kategori :