Panjat Tebing Putra Olimpiade Paris 2024 Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia, Terimakasih Veddriq

Kamis 08-08-2024,21:23 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Panjat tebing putra olimpiade-paris-2024 sumbang medali emas pertama untuk Indonesia, terimakasih Veddriq.

Olimpiade Paris 2024 dihelat dari tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Lebih dari 10.000 atlet dijadwalkan hadir berkompetisi untuk membawa pulang medali emas. Namun, ada beberapa cabang olahraga yang mulai dua hari lebih awal yakni: sepak bola, handball, dan rugby. Sementara itu, Paralimpiade 2024 akan digelar mulai 28 Agustus sampai 8 September 2024.

Ini bukan kali pertama, melainkan momen ketiga, bagi Paris untuk menjadi tuan rumah Olimpiade. Sebelumnya, sang Ibu Kota Prancis telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade pada tahun 1900 dan 1924. Di Paris tahun ini, pesta olahraga terbesar yang digelar empat tahun sekali itu akan bertempat di sejumlah lokasi. 

BACA JUGA:Medali Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Disumbang Veddriq Leonardo dari Cabor Panjat Tebing

Alih-alih di stadion, sungai Seine akan menjadi lokasi upacara pembukaan Olimpiade pada 26 Juli 2024; perihal ini menjadi berbeda lantaran seremoni luar ruangan tidak biasa dilakukan sebelumnya. Meski begitu, acara utama tetap diadakan di Stadion Nasional Prancis atau dikenal sebagai Stade de France. 

Terdapat juga 10 lokasi olimpiade dan 15 lokasi paralimpiade yang tersebar di berbagai bagian kota Paris, seperti Château de Versailles untuk berkuda, Grand Palais sebagai tempat pertandingan anggar dan taekwondo, serta Roland Garros untuk tenis. 

BACA JUGA:Profil Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 Jagoan Indonesia yang Pecahkan Rekor Dunia

Panjat Tebing Putra Olimpiade Paris 2024 Sumbang Medali Emas Untuk Indonesia

Kontingen Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil sumbang medali emas pertama di Olimpiade Paris 2024 melalui cabor panjat tebing, Kamis (08/08/24). 

Bertanding di Le Bourget Climbing Venue, Paris, atlet berusia 27 tahun asal Kalimantan tersebut sukses mengalahkan wakil China, Wu Peng.

Di partai final, Veddriq Leonardo mampu mencetak waktu 4,88 detik berbanding 5,26 milik sang lawan.

Sebelum tampil di final, Veddriq lebih dulu sukses mengalahkan atlet Iran, Reza Alipour pada babak semifinal.

BACA JUGA:Veddriq Leonardo, Atlet Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 Bakal Bertemu Tuan Rumah di Perempat Final

Pada pertandingan tersebut, Veddriq berhasil mengalahkan dengan catatan waktu 5,57 detik.

Sementara itu, sang lawan pada partai final tadi, Wu Peng berhasil mengalahkan atlet asal Amerika Serikat Sam Watson dengan dengan keunggulan 4,85 detik berbanding 4,93.

Kategori :