Geger, Harimau Sumatera Melintas di Jalan, Ini Kata BKSDA

Jumat 09-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

"Untuk saat ini, kami masih melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memverifikasi kebenaran video tersebut. Kami ingin memastikan apakah video ini diambil baru-baru ini atau mungkin merupakan rekaman lama," jelas Genman.

Ia juga menambahkan bahwa harimau yang terlihat dalam video kemungkinan adalah satu keluarga yang sedang melintas. Kejadian ini pun tidak aneh, mengingat lokasi tersebut berada di Semenanjung Kampar, yang memang merupakan habitat alami harimau Sumatera.

“Memang posisi lokasi tersebut berdasarkan overlay peta yang kami lakukan diketahui sebagai bagian dari kantong habitat harimau Semenanjung kampar. Artinya harimau berada dirumahnya,” lanjutnya.

BACA JUGA:Kilas Balik, Rekor Dunia Panjat Tebing dan Perjuangan Lolos Olimpiade 2024 Hingga Berhasil Raih Medali Emas

Langkah Pencegahan dan Keselamatan

Sebagai langkah antisipasi berikut beberapa imbauan bagi masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di sekitar Semenanjung Kampar. Langkah-langkah ini penting untuk diikuti guna menghindari potensi konflik antara manusia dan harimau.

Berikut beberapa tips keselamatan yang bisa diikuti:

1. Hindari Beraktivitas di Malam Hari

Harimau cenderung lebih aktif pada malam hari. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari bepergian atau beraktivitas di area yang berpotensi menjadi jalur lintasan harimau pada malam hari.

2. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Jika Anda kebetulan bertemu harimau, usahakan untuk tetap tenang. Jangan mencoba berlari, karena ini bisa memicu insting berburu harimau. Sebaliknya, mundurlah perlahan sambil tetap menghadap harimau.

3. Gunakan Kendaraan yang Aman

Saat melintasi area yang berpotensi terdapat harimau, pastikan Anda menggunakan kendaraan yang tertutup dan aman. Hindari menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki di area tersebut, terutama saat hari mulai gelap.

BACA JUGA:Sederet Prestasi Veddriq Leonardo, Penyumbang Medali Emas Pertama di Olimpiade Paris 2024

4. Laporkan Segera

Jika Anda melihat harimau atau tanda-tanda kehadirannya seperti jejak kaki atau suara, segera laporkan kepada pihak berwenang seperti BKSDA atau aparat setempat agar tindakan cepat bisa diambil.

Kategori :