Lowongan Kerja BUMN PT Balai Pustaka untuk Freelance, Ini Syarat dan Kemampuan yang Harus Dimiliki!

Jumat 09-08-2024,12:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Selain itu, jaminan asuransi kesehatan dan asuransi kematian sering kali disediakan oleh perusahaan BUMN sebagai bagian dari paket tunjangan. Ini memberikan perlindungan finansial bagi karyawan dan keluarganya dalam situasi yang tidak diinginkan.

Nah, untuk dapat lolos dalam rekrutmen BUMN memang tidaklah mudah, namun dengan persiapan yang matang dan strategis, peluang Anda untuk sukses akan semakin besar. 

Dengan memahami dan menerapkan tips-tips ini dengan baik, diharapkan Anda dapat menjadi lebih percaya diri dan siap menghadapi tahap-tahap seleksi yang akan dilalui.

1. Pelajari Perusahaan BUMN yang Anda Incar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami secara mendalam tentang perusahaan BUMN yang Anda tuju. Pelajari visi dan misi perusahaan tersebut, serta produk dan layanan yang mereka tawarkan. 

Selain itu, luangkan waktu untuk memahami kinerja perusahaan tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan memahami latar belakang perusahaan BUMN secara mendalam, Anda akan dapat menunjukkan ketertarikan yang kuat dalam bergabung dengan perusahaan tersebut. 

Ini juga akan membantu Anda untuk memberikan jawaban yang lebih terperinci dan relevan dalam setiap tahap seleksi, terutama saat sesi wawancara.

BACA JUGA:Bahaya! 8 Makanan Ini Dapat Menjadi Pemicu Kanker Otak, Nomor 7 Paling Sering Dikonsumsi

2. Persiapkan Diri dengan Materi Tes yang Akan Diujikan

BUMN seringkali memiliki proses seleksi yang cukup ketat, termasuk berbagai jenis tes yang harus diikuti oleh para calon karyawan. 

Mulai dari tes kemampuan dasar (TKD), tes akhlak, hingga tes bahasa Inggris dan tes kompetensi bidang, Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi setiap tes tersebut.

Carilah contoh soal dan latihan secara online atau offline untuk setiap jenis tes yang akan diujikan. Lakukan latihan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan Anda dan mengurangi rasa cemas saat mengikuti tes sesungguhnya.

3. Tunjukkan Kepercayaan Diri saat Wawancara

Wawancara merupakan salah satu tahap seleksi yang paling menentukan dalam proses rekrutmen BUMN. Di sini, Anda perlu menunjukkan kepercayaan diri Anda, namun tetaplah berada dalam batas-batas kesopanan dan kerendahan hati.

Tunjukkan potensi dan kemampuan Anda dengan jelas dan lugas. Ceritakan pengalaman Anda secara konkret dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa untuk bersikap sopan, ramah, dan profesional sepanjang sesi wawancara.

Kategori :