Begini Cara Mematikan Jaringan 2G di Ponsel Android, agar Terhindar dari Penipuan

Jumat 09-08-2024,13:48 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Fitriani

BACA JUGA:Ayo Merapat, LKPP Buka Lowongan Kerja, Ini Jadwal dan Syarat Pendaftaran

Berikut ini adalah cara mematikan jaringan 2G di ponsel Android:

1. Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di ponsel Anda.

2. Pilih menu Network & Internet atau Jaringan & Internet.

3. Cari dan pilih opsi SIM atau Kartu SIM.

4. Di dalam menu tersebut, akan ada opsi bertuliskan Allow 2G atau Izinkan 2G. Matikan toggle atau pengaturan tersebut dengan menekan tombolnya.

Setelah mematikan jaringan 2G, ponsel Anda tidak akan lagi terhubung ke jaringan tersebut, sehingga risiko menjadi korban penipuan yang menggunakan SMS Blaster dapat diminimalkan. 

Penipuan dengan memanfaatkan jaringan 2G sebenarnya cukup sederhana, tetapi sangat efektif. Penyerang biasanya akan 'mendorong' ponsel korban untuk terhubung ke jaringan 2G yang telah mereka kendalikan. 

Caranya adalah dengan memalsukan jaringan LTE atau 5G, kemudian menurunkan versi koneksi tersebut ke protokol 2G yang sudah usang.

Setelah ponsel terhubung ke jaringan 2G yang palsu tersebut, penyerang bisa memanfaatkan kelemahan di jaringan 2G yang tidak memiliki sistem otentikasi timbal balik. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk memaksa koneksi yang tidak terenkripsi, sehingga mereka dapat mencegat dan memanipulasi pesan SMS yang masuk. 

BACA JUGA:Kemensetneg Bantah Harga Sewa Mobil untuk Upacara HUT RI di IKN Rp 25 Juta per Unit!

Yang lebih mengejutkan, perangkat SMS Blaster ini bisa dibeli secara online dengan harga yang relatif terjangkau dan tidak membutuhkan keahlian teknis tinggi untuk mengoperasikannya.

Dengan alat ini, pengguna bahkan dapat mengonfigurasinya agar meniru operator atau jaringan seluler tertentu hanya dengan menggunakan aplikasi seluler yang sederhana. 

Ini menjadikan alat tersebut sangat berbahaya di tangan yang salah. Oleh karena itu, penting bagi pengguna Android untuk memahami betapa berisikonya masih menggunakan jaringan 2G, yang seharusnya sudah tidak relevan di era teknologi saat ini.

Jika ponsel Android Anda tidak mendukung opsi untuk mematikan jaringan 2G, jangan khawatir. Google telah menyediakan perlindungan tambahan melalui aplikasi Google Messages. 

Kategori :