Sumpah Pocong Saka Tatal dalam Kasus Vina Cirebon, Ini Hukumnya Menurut Khalid Basalamah

Sabtu 10-08-2024,09:11 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMsumpah-pocong Saka Tatal dalam kasus Vina Cirebon, ini hukumnya menurut Khalid Basalamah.

Mantan terpidana kasus pembunuhan Vina dan Muhammad Rizky, juga dikenal sebagai Eky di Cirebon pada 2016, Saka Tatal menjalani sumpah pocong hari ini, bada Sholat Jumat (9/8/2024). Dalam kasus ini, ia melakukan sumpah pocong untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah.

Selain Saka Tatal, Iptu Rudiana, ayah kandung almarhum Eky, akan disumpah pocong di Padepokan Agung Amparan Jati di Desa Lurah, Blok Karangtengah Kidul, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Asal-Usul dan Sejarah Sumpah Pocong, Siapa yang Pertama Kali Melakukan?

Tapi bagaimana hukum Islam mengenai sumpah pocong? Menurut Ustadz Khalid Basalamah, sumpah pocong tidak ditemukan dalam ajaran Islam.

Ustadz Khalid Basalamah menegaskan, sumpah pocong ini tidak diperbolehkan dalam hukum dan ajaran Islam. Bahkan Allah SWT akan melaknat orang yang melakukan hal tersebut.

Sebagai contoh untuk sumpah pocong ini, menurutnya dalam perselingkuhan suami istri dan perzinaan. Penuduh dan yang dituduh akan melakukan sumpah atas nama Allah sebanyak empat dan lima kali.

BACA JUGA:Pimpinan Padepokan Amparan Jati Beberkan Efek Mengerikan Sumpah Pocong, Berbohong Kena Azab 7 Turunan

"Sumpah pocong nggak ada dalam Islam, dan saya sudah bilang ada hukum ni'an saling melaknat dan sudah saya jelaskan beberapa bulan yang lalu masalah ini," katanya.

"Yang menuduh bersumpah empat kali atas nama Allah, kalau yang sedang dia tuduh betul-betul selingkuh atau berzina suami istri ya. Kemudian yang kelima dia meminta murkanya Allah laknatnya Allah pada dia, kalau dia berdusta," sambungnya.

Setelah itu, sebaliknya pun yang tertuduh bersumpah. Namun jika yang disebutkan dalam sumpahnya itu tidak benar maka Allah SWT akan melaknatnya.

BACA JUGA:Tahapan dan Barang yang Disiapkan Saat Melakukan Sumpah Pocong, Bagaimana Ritualnya?

"Si istri yang tertuduh misalnya atau suami yang tertuduh menjawab juga sumpah empat kali atas nama Allah kalau pasangannya bohong, dan yang kelima murkanya Allah akan datang kepada dia kalau dia dusta. Itu yang ada," lanjutnya.

Kasus sumpah pocong ini, kata Ustadz Khalid Basalamah sering kali terjadi di daerah perkampungan. Bahkan untuk langsung membuktikannya, orang sekitar melakukan hal itu.

Seperti contohnya, jika ada pasangan yang tertangkap warga dan diduga melakukan zina, korban akan meminta melakukan sumpah pocong untuk membuktikan hal itu tidak benar.

Kategori :