Tragedi Pesawat Veopass ATR-72 yang Tewaskan 61 Orang, Berputar-putar Sebelum Terjatuh

Minggu 11-08-2024,09:44 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tragedi pesawat Veopass ATR-72 yang tewaskan 61 orang, berputar-putar sebelum terjatuh.

Pada awal perkembangan pesawat terbang, transportasi ini memiliki tingkat kecelakaan yang sangat tinggi. 

Bahkan, menurut laporan "Statistical Summary of Commercial Jet Airplane Accidents" yang dirilis oleh Boeing, frekuensi kecelakaan pesawat terbang pada tahun 1960 mencapai lebih dari 30 kecelakaan per satu juta keberangkatan. 

BACA JUGA:Detik-detik Kecelakaan Pesawat, Sempat Berputar-putar di Udara Sebelum Akhirnya Jatuh

Dua dekade kemudian, tingkat kecelakaan pesawat terbang mulai mengalami penurunan yang signifikan, seiring dengan perkembangan teknologi yang lebih canggih. 

Saat ini, transportasi udara telah menjadi salah satu moda transportasi yang paling aman. 

Namun, ini tidak berarti bahwa transportasi udara sepenuhnya bebas dari risiko atau masalah yang dapat membahayakan penumpangnya.

Tragedi Pesawat Veopass ATR-72 yang Tewaskan 61 Orang

BACA JUGA:Tidak Hanya BBM! Mahalnya Harga Tiket Pesawat Ternyata juga Disebabkan Hal Berikut

Melansir laman reuters, sebuah pesawat jenis turboprop ATR-72 yang melayani penerbangan regional jatuh, yang para ahli bidang penerbangan melihatnya berputar-putar di angkasa sebelum akhirnya jatuh ke sebuah area pemukiman dekat Sao Paulo, Brasil pada Jumat, 9 Agustus 2024. Musibah ini menewaskan semua penumpang dan awak yang berjumlah 61 orang. 

Rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan pesawat naas itu berputar-putar tak terkendali, lalu jatuh ke dalam sebuah area pepohonan dekat beberapa rumah yang diikuti suara ledakan dahsyat hingga asap hitam membumbung tinggi ke angkasa.   

BACA JUGA:Cara Dapatkan Tiket Pesawat Lion Tujuan Bali PP di BNI Expo 2024, Harga Rp700 ribuan

Maskapai Veopass mengatakan burung besi tersebut lepas landas dari Cascavel di Panama menuju bandara internasional Sao Paulo. Pesawat turboprop ATR-72 jatuh persisnya pada pukul 1.30 malam di Kota Vinhedo sekitar 80 kilometer dari utara Ibu Kota Sao Paulo.

Daniel de Lima, warga yang menjadi saksi mata menceritakan mendengar suara bising di luar kondominum tempatnya tinggal di Vinhedo. Dia lalu melihat pesawat ATR-72 jatuh secara horisontal. 

“Pesawat itu berputas-putar, bukannya maju. Tak lama kemudian jatuh dan meledak,” kata de Lima. 

Kategori :