6 Penyebab Hp Sering Lemot, tapi Bisa Diatasi dengan 7 Cara Ini

Senin 12-08-2024,11:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM -  6 penyebab Hp sering lemot, tapi bisa diatasi dengan 7 cara ini.

Tak perlu dipertanyakan lagi, jika sudah dipakai dalam kurun waktu lama, performa ponsel biasanya akan cenderung menurun sehingga pengoperasiannya pun tidak secepat sebelumnya. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari ketidaknyamanan, kamu perlu tahu cara mengatasi hp lemot.

Kemungkinan ponsel lemot bisa disebabkan oleh umur penggunaan perangkat yang sudah melebihi 4-5 tahun. Namun, ada faktor lain yang dapat menyebabkan ponsel lemot. Berikut penjelasannya. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab HP Cepat Panas, Begini Cara Mengatasinya!

Penyebab ponsel lemot perlu diketahui supaya pengguna bisa menemukan solusi atas masalah mereka. Lantas, apa saja penyebab ponsel lemot? 

1. Ruang penyimpanan habis 

Dilansir dari Reader's Digest, salah satu penyebab ponsel lemot adalah ruang penyimpanan yang hampir habis atau sudah penuh. 

Hal itu biasanya disebabkan oleh banyaknya foto, video, aplikasi, maupun file lain yang diunduh di ponsel. Banyaknya unduhan dapat membebani CPU sehingga kinerja ponsel menjadi lambat. 

2. Koneksi Wi-Fi buruk 

Lemah atau kuatnya koneksi Wi-Fi yang tersambung ternyata dapat memengaruhi kinerja ponsel. Koneksi Wi-Fi yang buruk bisa menyebabkan ponsel lemot saat penggunanya berusaha me-refresh aplikasi atau tab di peramban. 

BACA JUGA:Aksi Tak Biasa, Seorang Anak Ondoafi Nekat Nyalakan Api Depan Toko Miras, Apa Penyababnya?

Dalam hal ini, sebenarnya bukan ponsel yang menjadi lambat namun aplikasi yang berusaha memuat data melalui koneksi yang lemot. 

3. Belum update OS 

Operating system (OS) atau sistem operasi juga memengaruhi seberapa cepat ponsel digunakan. Oleh sebab itu, pengguna ponsel sebaiknya secara rutin melakukan pembaruan OS jika versi terbaru sudah tersedia. 

Kategori :