6 Penyebab Hp Sering Lemot, tapi Bisa Diatasi dengan 7 Cara Ini

Senin 12-08-2024,11:44 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Sebabnya, pembaruan OS dapat memberikan perbaikan untuk masalah atau bug yang menyebabkan ponsel lemot. 

Tak hanya itu, jarang melakukan pembaruan OS juga berisiko memperpendek umur ponsel. 

BACA JUGA:Siap-siap yang Suka Nunggak Pajak Kendaraan, Kini akan Dikejar Sampai Rumah

4. Cache atau RAM penuh 

Perlu diingat bahwa semakin sering ponsel digunakan otomatis membuat data yang tersimpan di cache dan RAM semakin banyak. Hal tersebut dapat terakumulasi kemudian menumpuk sehingga ruang memori berkurang dan prosesor harus bekerja keras untuk memaksimalkan kinerja ponsel. 

5. Banyak aplikasi yang diunduh 

Faktor lain yang menyebabkan ponsel lemot adalah banyaknya aplikasi yang diunduh. Apalagi jika pengguna masih mempertahankan aplikasi yang jarang atau sama sekali tidak pernah digunakan di ponsel mereka. 

Daripada memenuhi ruang penyimpanan, aplikasi yang tidak terpakai sebaiknya dihapus agar ponsel tidak lemot. 

6. Baterai ponsel sudah tua 

Selain umur ponsel, baterai yang sudah tua juga menyebabkan perangkat menjadi lambat. Hal itu terjadi karena baterai yang sudah usang membuat kinerja OS dan pemrosesan perangkat menjadi lambat. 

BACA JUGA:Geram, Ratusan Warga Geruduk Kios Penjual Miras dan Obat-obatan Terlarang

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel 

Setiap pengguna tentunya ingin ponsel mereka responsif. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar ponsel tidak lemot. Dilansir dari Xfinity, berikut cara mempercepat ponsel yang lemot: 

1. Restart Ponsel

Restart ponsel adalah cara jitu dan taktik pertama yang hampir pasti digunakan oleh setiap orang untuk mengatasi kondisi hp lemot. Sebab, dengan me-restart ponsel, sistem operasi bisa segar kembali.

Sebagai catatan, jangan lupa untuk menonaktifkan ponsel kamu secara berkala. Usahakan untuk tidak membiarkan ponsel menyala selama 24 jam sehari karena hal itu bisa menurunkan performa gawai.

Kategori :