Xiaomi Luncurkan Hyperos untuk Poco F3, Begini Cara Updatenya

Rabu 14-08-2024,18:06 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Salah satu cara merawat HP baru agar awet adalah dengan menghindari bermain game saat mengisi daya. Meskipun terdengar sepele, kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kinerja dan masa pakai baterai smartphone.

Saat mengisi daya, baterai akan menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi performa dan umur baterai. Hal ini dikarenakan pengisian daya akan menghadirkan arus listrik ke dalam baterai sehingga menghasilkan panas. 

BACA JUGA:Tertarik Beli iPhone Baru untuk Agustus 2024? Ini Daftarnya dengan Harga Termurah

Jika kamu bermain game saat mengisi daya, maka proses pengisian daya akan berlangsung lebih lama dan panas yang dihasilkan akan semakin tinggi.

Panas yang dihasilkan saat mengisi daya sambil bermain game dapat memicu peningkatan suhu pada baterai.

Hal ini akan berdampak negatif pada umur baterai, sehingga baterai akan cepat mengalami penurunan kapasitas dan daya tahan. 

Selain itu, panas yang tinggi juga dapat merusak komponen internal HP dan meningkatkan risiko kerusakan pada bagian baterai.

4. Gunakan Charger Original

Salah satu cara merawat HP baru agar tahan lama adalah dengan menggunakan charger original. Charger original diperuntukkan khusus untuk model dan merek smartphone yang kamu miliki. Menggunakan charger original akan membantu menjaga kestabilan aliran listrik yang masuk ke baterai HP.

BACA JUGA:Harga Beda Tipis, Ini Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Poco M6 Pro VS Samsung Galaxy A05s

Charger original biasanya memiliki daya dan output yang sesuai dengan kebutuhan baterai HP, sehingga proses pengisian daya bisa berjalan dengan optimal.

Dalam hal ini, penggunaan charger yang tidak asli atau tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada baterai dan bahkan komponen lain di dalam HP.

Selain itu, charger original juga memiliki fitur keamanan yang lebih baik. Beberapa charger original dilengkapi dengan teknologi pengatur daya yang cerdas, sehingga dapat memberikan jumlah daya yang tepat sesuai kebutuhan baterai tanpa mengakibatkan overcharging.

5. Update Sistem Operasi (OS) dan Aplikasi Secara Berkala

Salah satu cara merawat HP baru agar tetap awet adalah dengan melakukan update sistem operasi (OS) dan aplikasi secara berkala. Update OS yang terbaru telah dikembangkan oleh para pengembang untuk memperbaiki bug, menambah fitur baru, serta meningkatkan keamanan dan kinerja perangkat.

BACA JUGA:Tab Canggih, Ini Spesifikasi Mantap Galaxy Tab S9 FE, Cocok untuk Mahasiswa

Kategori :