Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kulit Wajah Kusam, Apa saja?

Rabu 14-08-2024,19:51 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Orang yang sedang stres juga kerap mengalami gangguan tidur atau insomnia sehingga tubuhnya tidak tidak memiliki waktu untuk meregenerasi sel kulit.

Stres juga dikaitkan dengan kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol lebih banyak saat stres. Kedua hal ini dapat merusak kulit.

3. Konsumsi gula berlebih

Salah satu penelitian dalam jurnal Experimental Dermatology mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab kulit kusam.

Hal ini karena gula menyebabkan proses glikasi, yaitu peristiwa menempelnya molekul gula pada protein kolagen sehingga membuat kulit kaku dan kurang elastis. 

BACA JUGA:Viral! Seorang Driver OJOL Meninggal Dunia saat Antar Orderan Mi, Ternyata Belum Makan dan Tidak Punya Uang

Gula juga bisa memicu peradangan dalam tubuh. Peradangan ini yang kemudian membuat kolagen yang diandalkan untuk memelihara kesehatan kulit menjadi rusak. Akhirnya, kulit jadi kusam, timbul kerutan, hingga penuaan kulit.  

4. Tidak membersihkan wajah dengan benar

Kebiasaan yang membuat wajah kusam lainnya yaitu tidak membersihkan wajah dengan benar. Sering kali mencuci muka menjadi kegiatan yang malas dilakukan, apalagi setelah seharian beraktivitas seharian. 

Namun, tidur dengan makeup atau kotoran yang masih menempel dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam.

Bukan hanya itu, kebiasaan menggosok wajah terlalu keras dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:The Real Ipar Adalah Maut! Siswi SMP yang Dilaporkan Hilang, Ternyata Jadi Korban Pencabulan Kakak Ipar

5. Kurang minum air putih

Kurang minum air dapat menyebabkan dehidrasi, yang membuat kulit kehilangan kelembapan alami dan membuatnya terlihat kering dan kusam.

Kurang air minum menyebabkan kulit kusam juga karena menghambat proses detoksifikasi  sehingga menyebabkan penumpukan toksin dalam tubuh. 

Selain itu, kurangnya asupan air dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke wajah, yang dapat membuat kulit terlihat pucat dan kurang bercahaya.

Kategori :