Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan untuk CPNS 2024, Persiapkan Dirimu dari Sekarang

Kamis 15-08-2024,11:59 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Persiapkan diri dari sekarang, ini contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan untuk CPNS 2024.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan dibuka mulai 20 Agustus ini, walaupun seleksinya belum dibuka alangkah baiknya jika mempersiapkan diri mulai sekarang.

Salah satu langkah awalnya yakni dengan berlatih contoh soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan SKD akan diikuti oleh peserta yang nanti lolos seleksi administrasi.

Penilaian dari SKD sangat berperan penting dalam menentukan lolos atau tidaknya peserta ke tahap berikutnya. Pasalnya, ada nilai-nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta dalam SKD.

BACA JUGA:30 Contoh Soal Tes Intelegensia Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Salah satu subtes yang bisa dipelajari materinya mulai hari ini adalah tes wawasan kebangsaan (TWK). Tes ini berisikan materi wawasan kebangsaan dan Pancasila.

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK adalah tes yang bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta tes seputar kebangsaan Indonesia. 

Adapun ambang batas yang harus diperoleh peserta di TWK adalah 65 poin. Adapun nilai total jika semua soal dijawab benar berjumlah 150 poin.

Oleh karena itu, dari 30 butir soal peserta setidaknya harus menjawab setengah dari jumlah soal dengan jawaban benar.

Untuk mempersiapkannya, kamu bisa belajar dari contoh soal TWK SKD CPNS ini yang dilansir dari buku All New Tes CPNS 2024/2025 oleh Tim Garuda Eduka dan Tim Mitrasiswa (2024).

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Sudah di Depan Mata, Ini Bocoran Materi TIU, TWK dan TKP

Contoh Soal TWK SKD CPNS 2024 dan Kunci Jawaban

1. Pancasila wajib diterima dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali maka Pancasila tergolong pada ideologi yang...

A. Tertutup

B. Terbuka

Kategori :