Mau Menikah? Ini Rekomendasi Bulan-bulan yang Baik untuk Menggelar Pernikahan Menurut Islam

Kamis 15-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Rasulullah SAW melangsungkan pernikahan dengan Sayyidah Khadijah pada bulan Safar. Pernikahan antara Sayyidina Ali dan Sayyidah Fatimah az-Zahra juga dilaksanakan di bulan Safar.

5. Bulan Muharram

Merujuk pada buku Baiti Jannati: Keluarga yang Diberkahi Allah oleh Malik al-Mughis, setiap muslim tidak boleh menghukumi adanya hari sial atau hari baik, kecuali dengan dalil yang terpercaya. 

BACA JUGA:Prediksi BMKG Tentang Gempa Megathrust di Indonesia, Ternyata Gempa Ini Sudah Ada Sejak Abad ke 16

Sebab, percaya dengan hari sial merupakan bentuk takhayul atau thiyarah (merasa sial setelah melihat atau mendengar sesuatu).

Mengadakan pernikahan di bulan Muharram (atau bulan Suro dalam sebutan orang Jawa) merupakan salah satu bentuk kesialan. Namun, Rasulullah SAW membantah pernyataan itu.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada penyakit menular, thiyarah, dan burung hantu, dan safar (yang dianggap membawa kesialan). Dan larilah dari penyakit kusta seperti engkau lari dari singa." (HR Bukhari dan Muslim)

Mempercayai kesialan seperti thiyarah bukanlah sifat seorang muslim, sebab hal tersebut merupakan kemusyrikan. Rasulullah SAW bersabda, "Thiyarah adalah kesyirikan. Thiyarah adalah kesyirikan." (HR Abu Dawud)

BACA JUGA:Contoh Soal Tes Intelegensi Umum untuk CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Doa agar Pengantin Diberkahi

Pernikahan adalah salah satu momen sakral dalam kehidupan manusia. Dalam Islam, pernikahan dianggap sebagai langkah besar yang membawa berkah.

Terdapat beberapa dalil baik Al-Qur'an maupun hadits yang mengandung anjuran untuk menikah. Salah satunya termaktub dalam surah Ar Rum ayat 21

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ ٢١

Artinya: "Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari (jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

BACA JUGA:Siapa Bilang Mahal, Ini 7 Pilihan Moge Retro Klasik Terbaik Harga di Bawah Rp 60 Juta

Thabrani meriwayatkan hadits dengan sanad yang baik dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda, "Empat hal yang siapapun mendapatkannya, maka dia telah diberi kebaikan dunia dan akhirat: hati yang selalu bersyukur, lisan yang selalu berdzikir, kesabaran atas cobaan yang menimpa, dan seorang istri yang tidak membuatnya khawatir atas pengkhianatan pada dirinya dan harta benda suaminya." (HR Thabrani)

Kategori :