Punya Moge tapi Jarang Dipakai? Begini Cara Merawatnya agar Tetap Awet

Jumat 16-08-2024,08:51 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

- Lepaskan Terminal Negatif

Apabila motor akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, disarankan lepas terminal negatif (kabel warna hitam) pada baterai/accu.

- Tidak Terpapar Sinar Matahari

Pastikan tempat penyimpanan di dalam ruangan atau tidak langsung terpapar sinar matahari maupun air hujan agar cat cover dan kaca speedo tidak retak dan kusam.

- Pilih Tempat Aman

Pastikan juga tempat aman dari serangga dan tikus, karena motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sarang.

Dan sering terjadi kabel electrical pada motor di gigit tikus yang mengakibatkan short/korslet.
Sebagian orang beranggapan kalau motor tidak dipakai maka kondisi akan selalu baik, sebetulnya pendapat itu tidak tepat.

Justru jika motor tidak dipakai harus di warm up setiap hari agar tegangan arus listrik baterai atau accu dapat bersikulasi sehingga kondisi motor tetap prima.

BACA JUGA:Ramping dan Ringan, Begini Spesifikasi OPPO Reno11 5G, Harga Ramah Dikantong

Jika tidak di warm up rutin setiap hari, tegangan arus listrik baterai atau accu pada motor bisa menurun dan cenderung drop.

Nah, selain merawat sendiri motor yang menganggur, tidak ada salahnya sekali-kali meminta tenaga ahli untuk menangani motor yang telah lama menganggur.  

Sementara itu, perlu diketahui jika memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan kebiasaan umum. Namun, seiring perkembangan teknologi mesin motor, banyak yang mempertanyakan apakah kebiasaan ini masih diperlukan.

Meskipun teknologi mesin motor saat ini sudah jauh lebih canggih, tetap ada beberapa dampak yang dapat terjadi apabila motor jarang dipanaskan, terutama bagi mereka yang tidak mengerti tentang dunia otomotif.

BACA JUGA:Lapak Pedagang Sosis Terbakar, Hanya Berjarak Beberapa Meter dari Bupati yang Sedang Beri Kata Sambutan

Ada beberapa akibat yang bisa terjadi apabila motor jarang dipanaskan. Berikut adalah beberapa kemungkinan di antaranya:

1. Performa Mesin Menurun

Kategori :