Begini Cara Mudah Buat Akun SSCASN untuk Daftar CPNS 2024

Sabtu 17-08-2024,11:19 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Fitriani

2. Pilih Formasi yang Sesuai

Pilih formasi CPNS yang sesuai dengan kualifikasi, jurusan, dan minat Anda. Hindari memilih formasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi Anda karena hal ini dapat menyulitkan dalam proses seleksi kompetensi bidang.

3. Mendaftar di Hari Terakhir

Mendaftar di hari terakhir pendaftaran memberi Anda waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dokumen dan memilih formasi yang tepat. Anda juga dapat melihat jumlah pendaftar dan kuota untuk setiap formasi di portal SSCASN, yang dapat membantu Anda menyesuaikan pilihan.

BACA JUGA:Serbu! Ini 10 Deretan Promo Makanan Spesial 17 Agustus, Nikmati Diskonnya

4. Belajar Soal TPA

Belajar soal Tes Potensi Akademik (TPA) seperti sinonim, antonim, analogi, silogisme, aritmatika, aljabar, geometri, seri angka, dan seri huruf. Gunakan buku, internet, atau kursus yang menyediakan materi dan latihan soal TPA.

5. Belajar Soal TWK

Pelajari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi pengertian, rumusan, nilai-nilai, makna, lambang, dan implementasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhinneka Tunggal Ika, serta fakta-fakta sejarah yang relevan.

6. Belajar Soal TKP

Pelajari soal Tes Kompetensi Pribadi (TKP) yang mencakup aspek seperti integritas, orientasi pada pelayanan, orientasi pada hasil, kemampuan beradaptasi, belajar berkelanjutan, bekerja mandiri, bekerja sama, mengelola konflik, dan pengambilan keputusan.

7. Latihan Soal CPNS

Latihan soal CPNS yang sesuai dengan kisi-kisi pemerintah. Gunakan buku, internet, atau kursus yang menyediakan prediksi dan latihan soal CPNS terbaru dan terlengkap.

8. Sertifikat Profesi

Memiliki sertifikat profesi dapat menambah nilai Anda dalam seleksi kompetensi bidang (SKB). Dapatkan sertifikat profesi dari lembaga-lembaga berwenang seperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

9. Percaya Diri dan Fokus

Kategori :