Berapa Gaji Paskibraka Tingkat Nasional Sampai Kabupaten/Kota? Yuk Intip

Sabtu 17-08-2024,22:14 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berapa gaji paskibraka tingkat Nasional sampai Kabupaten/Kota? Yuk intip.

Mengutip dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik (BPIP) Indonesia, kepanjangan Paskibraka adalah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, salah satu tugas Paskibraka adalah untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Ini Sejarah Singkat Paskibraka, Tugas, dan Formasinya

Sejarah Paskibraka Indonesia

Husein Mutahar adalah pendiri Paskibraka Indonesia. Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibu kota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta.

Pada saat itulah, muncul gagasan dalam diri Mutahar bahwa pengibaran bendera pusaka sebaiknya dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa yang bertugas. Akan tetapi, karena gagasan itu tidak mungkin terlaksana, maka Mutahar hanya bisa menghadirkan lima orang pemuda (3 putra dan 2 putri) yang berasal dari berbagai daerah dan kebetulan sedang berada di Yogyakarta, salah satunya Siti Dewi Sutan Assin.

BACA JUGA:Paskibraka Nasional di IKN Dibagi Jadi Dua Tim, Ini Rincian Lengkapnya

Lima orang pemuda tersebut melambangkan Pancasila. Sejak saat itu sampai tahun 1949, pengibaran bendera di Yogyakarta tetap dilaksanakan dengan cara yang sama. Ketika Ibu kota dikembalikan ke Jakarta pada tahun 1950, Mutahar tidak lagi menangani pengibaran bendera pusaka.

Pengibaran bendera pusaka pada setiap 17 Agustus di Istana Merdeka dilaksanakan oleh Rumah Tangga Kepresidenan sampai tahun 1966. Selama periode itu, para pengibar bendera diambil dari para pelajar dan mahasiswa yang ada di Jakarta.

Lantas, berapa gaji para anggota Paskibraka nasional hingga provinsi? Berikut kisarannya, dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:BPIP Minta Maaf, Pastikan Paskibraka 2024 Boleh Pakai Hijab saat Bertugas di HUT RI ke-79

Gaji Paskibraka di Tingkat Nasional

Gaji yang diterima oleh Paskibraka nasional diperkirakan sekitar Rp 3-10 juta. Tak hanya itu, mereka juga berpotensi mendapatkan sejumlah bonus atas kinerjanya.

PT Pegadaian mengapresiasi Tim Paskibraka Nasional Tahun 2022 dengan memberikan beasiswa berupa Tabungan Emas senilai total nilai sebesar Rp 248 juta.

Kala itu, beasiswa tabungan emas diberikan kepada 68 anggota Paskibraka dan 44 orang pelatih. Masing-masing anggota Paskibraka mendapat Tabungan Emas senilai Rp 3 juta dan para pelatih masing-masing senilai Rp 1 Juta.

Kategori :