10 Fakta Menarik Kecoa yang Jarang Diketahui, Tidak Bisa Terbang Namun Bisa Berlari 1,5 Meter per Detik

Jumat 23-08-2024,22:17 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

3. Kecoa berkembang biak dengan sangat cepat

Kecoa adalah serangga yang produktif. Kecoa betina menghasilkan telur mereka dalam bentuk kapsul yang dikenal dengan sebutan ootheca.

Kecoa betina tidak memerlukan pasangan atau kecoa jantan untuk bertelur. Dalam kondisi yang ideal kecoa betina dapat menghasilkan 300 - 400 telur selama hidupnya, dan setidaknya kecoa betina meletakan 20 - 30 telur dalam sehari. Periode kehamilan kecoa betina antara 30 - 60 hari sebelum telur kecoa menetas ke tahap siklus hidup berikutnya, nimfa.

BACA JUGA:Takut Banyak Kecoa di Rumah, Tenang, Ini Ada 11 Cara Mengusir Kecoa Pakai Bahan Rumahan

Rata-rata siklus hidup kecoa akan memakan waktu dari beberapa bulan hingga mencapai 2 tahun. Meskipun demikian, siklus hidup kecoa sangat bergantung pada jenis kecoa dan kondisi lingkungan.

• Jenis kecoa Jerman: Pada suhu ruangan, kecoa Jerman berkembang biak dari telur menjadi kecoa dewasa dalam 40 - 125 hari.

• Jenis kecoa Amerika: Pada suhu ruangan, kecoa Amerika berkembang biak dari telur menjadi kecoa dewasa dalam 400 - 600 hari.

• Jenis kecoa Australia: Pada suhu ruangan, kecoa Australia berkembang biak dari telur menjadi kecoa dewasa dalam 150 hari.

4. Kecoa memiliki tubuh yang fleksibel

Jika ada pertanyaan: apakah kecoa dapat melalui atau melewati celah-celah yang kecil? Maka jawabannya adalah ya. Mirip dengan tikus, kecoa juga merupakan hewan yang memiliki kemampuan untuk melewati celah-celah terkecil sekalipun.

Hal ini disebabkan karena kecoa memiliki kerangka tubuh yang sangat fleksibel. Kecoa mampu melalui celah kecil yang berukuran seperempat lebih kecil dari tubuh mereka dengan cara meratakan rangka luar tubuh atau eksoskeleton mereka dan melebarkan kaki mereka ke samping.

5. Kecoa bisa bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu

Ya, yang Anda baca memang benar adanya. Karena siapa yang sangka jika kecoa bisa bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu.

BACA JUGA:Kecoa Masuk Rumah Tanda Ada Sihir? Begini Penjelasan Ustadz dan Simak Ciri Lainnya

Bagaimana bisa kecoa dapat hidup tanpa kepala?

Kecoa tidak memerlukan kepala untuk dapat bernapas. Sistem pernapasan kecoa menggunakan tabung kecil atau spiral yang terletak di samping tubuh mereka untuk menghirup dan mengangkut oksigen.

Kategori :