10 Fakta Menarik Kecoa yang Jarang Diketahui, Tidak Bisa Terbang Namun Bisa Berlari 1,5 Meter per Detik

Jumat 23-08-2024,22:17 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Bayangkan jika kemampuan kecoa bertahan hidup tanpa kepala dikombinasikan dengan kemampuan mereka untuk tidak makan selama sebulan - artinya Anda akan memiliki gangguan nyata dari serangga yang dapat bertahan hidup tanpa kepala selama seminggu!

6. Kecoa tidak bisa terbang

Seringkali banyak orang berpikir bahwa mereka diserang oleh serangga menjijikan ini ketika melihat kecoa terbang ke arah mereka. Tapi apakah mitos kecoa bisa terbang betul adanya? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah tidak. Kecoa adalah serangga yang sesungguhnya tidak dapat terbang, melainkan "fall with style" atau "jatuh dengan gaya".

Meskipun banyak jenis kecoa memiliki sayap dan tak sedikit dari mereka juga dapat terbang, namun kebanyakan dari mereka bahkan tidak dapat terbang sama sekali. Sayap mereka hanya memungkinkan mereka untuk meluncur dan mengepak untuk jarak pendek dalam waktu singkat. Mereka lebih suka merangkak di tanah karena itu cara tercepat bagi mereka untuk mencari makanan.

7. Kecoa mampu berlari dengan cepat

Kecoa adalah serangga yang sangat cepat dan ulet. Namun demikian, mereka selalu menjadi mangsa untuk sejumlah besar predator alami kecoa, dan berlari dengan kencang merupakan satu-satunya mekanisme pertahanan mereka. Mereka bahkan dapat berlari dengan cepat di medan yang tidak rata dan hambatan kecil.

Meskipun ukurannya kecil, kecoa mampu berlari dengan kecepatan hingga 1.5 meter per detik. Maka tak mengherankan apabila mereka dapat menyebarkan penyakit dan reaksi alergi serius di sebuah properti dengan sangat cepat.

8. Kecoa dapat menahan napas selama 40 menit

Walaupun mungkin terdengar mustahil, penelitian menunjukkan bahwa kecoa dapat menahan napas selama 40 menit, dan juga dapat bertahan hidup di bawah air selama 30 menit!

Kemampuan seekor kecoa untuk menahan napas dalam waktu yang lama diyakini merupakan cara mereka untuk mengatur kehilangan air dalam tubuhnya. Tidak seperti manusia, kecoa tidak menggunakan mulut mereka untuk bernapas, melainkan menggunakan tabung kecil di tubuh mereka yang disebut spiral.

Cara ini juga digunakan kecoa untuk mengangkut uap air keluar dari tubuh mereka. Sehingga jika mereka perlu menghemat kadar air di dalam tubuh, mereka hanya akan menjaga tabung tetap tertutup.

9. Kecoa bisa merasakan makanan tanpa perlu memakannya

Salah satu kelemahan kecoa adalah mereka tidak memiliki lidah dengan kemampuan perasa seperti manusia. Namun, kelemahan ini bukan berarti mereka tidak bisa merasakan makanan sama halnya seperti manusia dan hewan lainnya.

Kecoa diketahui bisa merasakan makanan tanpa perlu memakannya. Mereka memiliki indera perasa berupa rambut atau juga dikenal sebagai “rambut rasa” yang terletak di sekujur kaki, sayap, dan di sekitar mulutnya.

Rambut rasa milik kecoa ini berfungsi sama dengan pengecap pada lidah manusia untuk mendeteksi rasa manis, pahit, dan juga zat kimia dalam makanan.

10. Kecoa dapat memicu asma

Kategori :