10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk yang Tertarik Terjun ke Bidang Politik

Sabtu 24-08-2024,12:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  10 Jurusan kuliah yang cocok untuk yang tertarik terjun ke bidang politik.

Salah satu bidang yang terus diminati sejak dulu hingga saat ini adalah dunia politik. Bagi Anda merupakan salah satu yang tertarik dengan perkembangan politik, kamu bisa mempertimbangkan untuk bekerja di dunia politik.

BACA JUGA:Mau Punya Gaji Menjanjikan, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan untuk Kerja di Pertamina

Nah, jika tertarik untuk bekerja di bidang politik, sebaiknya kamu juga memilih jurusan kuliah yang relevan agar kesempatan kamu makin besar nantinya.

Melansir Ruangguru, berikut ini daftar pilihan jurusan kuliah yang cocok untuk yang tertarik terjun ke bidang politik, yuk simak!

1. Ilmu Politik

Jurusan yang pertama paling relevan apabila kamu memang ingin berkecimpung di bidang politik adalah dengan mengambil jurusan Ilmu Politik.

Di sini, Anda akan belajar berbagai teori mengenai sistem politik yang ada di dunia beserta sejarahnya, sehingga dibutuhkan sikap kritis saat menempuh pendidikan di jurusan ini.

Bukan itu saja, Anda juga akan menganalisis dinamika politik yang ada saat ini, misalnya mengenai demokrasi, birokrasi, sistem politik, hak asasi manusia, dan etika sosial politik.

BACA JUGA:Ini 10 Jurusan Kuliah Arsitektur di Universitas Terbaik dan Terakreditasi Unggul, Adakah Incaranmu?

2. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum juga merupakan prodi lainnya yang dekat dengan politik, sebab kamu akan belajar mengenai kebijakan, perundang-undangan, sampai aturan lain mengenai ranah hukum.

Memiliki latar belakang pendidikan di bidang ini akan sangat berguna apabila kamu ingin menjadi politikus, terutama dalam hal membuat kebijakan nantinya.

3. Hubungan Internasional

Selanjutnya ada Hubungan Internasional, di mana kamu akan belajar mengenai dinamika hubungan antar negara sampai menganalisis berbagai permasalahan yang terjadi.

Kategori :