10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk yang Tertarik Terjun ke Bidang Politik

Sabtu 24-08-2024,12:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

Salah satu fokus di jurusan ini adalah sosiologi politik, yang membahas hubungan antara politik dan masyarakat, struktur sosial dan politik, serta tingkah laku sosial dan tingkah lalu politik.

Nah, itulah tujuh pilihan jurusan kuliah untuk yang tertarik bergelut di bidang politik. Apakah kamu tertarik masuk salah satunya? 

Jika kamu salah satu yang tertarik memilih jurusan politik, yuk simak 10 alasan mengapa kamu harus memilih jurusan politik agar semakin yakin.

BACA JUGA:Cek di Sini! Link Beli Materai Elektronik untuk Daftar CPNS 2024 serta Cara Pasangnya

Alasan Harus Memilih Jurusan Politik

1. Memahami Dinamika Politik

Studi politik akan membekali kamu dengan pengetahuan mendalam tentang dinamika politik dari tingkat lokal hingga internasional. Kamu akan lebih tahu bagaimana mekanisme pemerintahan bekerja, hubungan antarlembaga, serta peran individu dalam menjalankan kebijakan publik.

2. Menjadi Pemimpin Masa Depan

Jurusan politik merupakan tempat yang tepat untuk mengasah kemampuan kepemimpinanmu. Kamu akan mempelajari strategi politik, komunikasi efektif, dan pembuatan keputusan yang baik. Semua itu akan membantumu menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas.

3. Memperdalam Pemahaman Sosial

Politik erat kaitannya dengan masyarakat. Melalui jurusan politik, kamu akan dapat memperdalam pemahamanmu tentang struktur sosial, sistem nilai, dan masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Hal ini akan mempersiapkanmu untuk berkontribusi dalam merumuskan solusi yang lebih baik.

4. Menyuarakan Aspirasi Masyarakat

Sebagai seorang politikus atau aktivis politik, kamu akan memiliki kesempatan untuk menjadi suara masyarakat. Jurusan politik akan melatih kamu dalam berbicara di depan umum, menyusun pernyataan politik yang efektif, serta bekerja secara aktif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

BACA JUGA:KPU juga Terima CPNS, Lulusan D III Bisa Daftar, Ini Formasi dan Wilayah Penempatannya

5. Menyelami Hubungan Internasional

Dalam jurusan politik, kamu akan mempelajari dinamika hubungan internasional antara negara-negara di dunia. Kamu akan menjadi tahu lebih dalam tentang diplomasi, perdagangan internasional, dan kerjasama multilateral. 

Kategori :