Kisah 4 Raja Jawa yang Mundur dari Takhta, Ada Nama Airlangga

Minggu 25-08-2024,11:45 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kisah 4 raja-jawa yang mundur dari takhta, ada nama Airlangga.

Sebelum menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, negeri ini pernah memiliki banyak kerajaan di setiap wilayahnya, seperti Puau Jawa.

Tiga kerajaan yang pernah ada di wilayah Pulau Jawa adalah Majapahit, Mataram Islam, dan Demak. Layaknya kerajaan yang utuh, ketiga kerajaan tersebut melaksanakan pemerintahan di wilayah kekuasaan masing-masing dengan dipimpin oleh raja.

BACA JUGA:Pernah Kuasai Hampir Seluruh Asia Tenggara, Ini Daftar 13 Nama Raja Jawa di Kerajaan Majapahit

Raja Jawa yang Mundur dari Takhta

Terdapat sejumlah raja tanah Jawa yang pernah mengundurkan diri dari takhta dan kekuasaan nya. Di era kerajaan, pergantian pemimpin atau raja mungkin menjadi sebuah hal yang wajar dan sering terjadi. 

Tak hanya berganti karena raja sebelumnya meninggal dunia, beberapa di antaranya bahkan harus turun dengan paksa alias dikudeta. 

Namun, selain itu ternyata ada juga sebagian raja di tanah Jawa yang memilih untuk mengundurkan diri dari kekuasaan yang dimiliki. 

Dalam hal ini, alasan yang cukup sering muncul adalah karena faktor usia yang tidak muda lagi.

BACA JUGA:Kisah Kelam Raja Jawa, Habisi 6 Ribu Ulama dan Keluarganya di Mataram

Berikut empat raja tanah Jawa yang mengundurkan diri dari takhtanya. 

1. Airlangga - Kerajaan Kahuripan 

Airlangga merupakan salah satu Raja yang pernah memerintah Kerajaan Kahuripan. Dikutip dari buku berjudul ‘Kisah Airlangga’ karya Titi Surti Nastiti, para resi, pendeta dan brahmana merestui Airlangga untuk menjadi Raja pada tahun 1019. 

Namun, pada tahun 1042 Airlangga memutuskan untuk mengundurkan diri dari takhtanya. Adapun alasannya karena dia merasa sudah terlalu tua dan berkeinginan menjadi seorang pertapa. 

Setelah mengundurkan diri, putri mahkota menolak untuk menggantikannya. Sehingga terjadilah perebutan kekuasaan oleh keturunan Airlangga seperti Mapanji Garasakan, Sri Samarotsaha, dan Mapanji Alahyung Ahyes. 

Kategori :