Ini Jumlah Soal dan Durasi Tes SKD CPNS 2024, Ayo Belajar

Senin 26-08-2024,09:47 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

TIU terdiri dari 35 soal. Sama seperti TWK, setiap jawaban benar akan mendapatkan bobot nilai 5, dan jawaban yang salah atau tidak dijawab akan memperoleh nilai 0. Nilai maksimum yang dapat diperoleh dari TIU adalah 175 poin.

BACA JUGA:Dinilai Tegur Pria Tak Sopan, Polwan Cantik Ini Jadi Sorotan Publik

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP akan memiliki 45 soal. Bobot nilai untuk setiap jawaban benar pada TKP berkisar antara 1 hingga 5, tergantung pada tingkat kesulitan soal, dan jawaban yang tidak dijawab akan memperoleh nilai 0. Total nilai maksimum yang bisa diraih dari TKP adalah 225 poin.

Passing Grade atau Nilai Ambang Batas

Untuk dapat dinyatakan lulus dalam SKD, peserta harus mencapai nilai ambang batas atau passing grade yang telah ditetapkan. Pada tahun 2024, passing grade untuk SKD CPNS adalah sebagai berikut:

- TWK: 65

- TIU: 80

- TKP: 166

Passing grade ini merupakan standar minimum untuk formasi umum. Bagi peserta dengan kebutuhan khusus, terdapat nilai ambang batas yang berbeda, yang dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing instansi atau jenis formasi yang dilamar.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Cara Pembubuhan e-Meterai Pada Dokumen Pendaftaran CPNS 2024

Materi SKD CPNS 2024

Materi yang diuji dalam SKD CPNS 2024 meliputi tiga kategori utama yang masing-masing memiliki tujuan dan cakupan yang berbeda:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dirancang untuk mengukur seberapa baik peserta memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep dasar terkait kebangsaan dan negara. Materi yang diujikan meliputi:

- Nasionalisme: Mengukur kemampuan peserta dalam mewujudkan kepentingan nasional dengan menjaga identitas dan integritas bangsa.

Kategori :