Prediksi BMKG, 4 Wilayah Ini Bakal Turun Hujan, Sumur Warga Banyak yang Kering

Senin 26-08-2024,10:28 WIB
Reporter : Laili Ramadhanti Nur Duha
Editor : Purnama Sakti

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Prediksi BMKG, 4 wilayah ini bakal turun hujan, sumur warga sudah banyak yang kering.

Warga Bengkulu sudah lama menanti hujan. Wajar saja, karena dalam satu bulan terakhir, hujan hanya turun satu hingga dua kali. Seperti di Kota Bengkulu yang beberapa waktu lalu sempat turun hujan cukup deras namun tidak lama.

BACA JUGA:Heboh, Soal Erina Gudono Bau Ketiak, Shania: Ini Fakta!

Bagaimana prakiraan BMKG dalam beberapa hari ke depan khusus untuk wilayah Provinsi Bengkulu?

Prakirawan Stasiun Meteorologi Bengkulu, Intan Rahma menjelaskan hujan terjadi disebabkan beberapa hal. Misalkan arah angin dari Asia kemudian gelombang MGO atau LOSME. 

Untuk perkiraan di wilayah Provinsi Bengkulu, dikatakan Intan, dalam tiga hari ke depan, hujan berpotensi terjadi di wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong dan Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Warga Mulai Kekeringan, Permintaan Sumur Bor Meningkat, Ini Harga Jasa Pemasangan Sumur Bor Terbaru

Untuk wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara dan Lebong peluang turunnya hujan pada siang hingga sore hari. Sedangkan untuk wilayah Kota Bengkulu pada malam hari. 

“Selama ini wilayah Bengkulu jarang sekali ada kekeringan sangat panjang. Yang hujan duluan biasanya wilayah Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong dan daerah pegunungan lainnya,” kata Intan.

Permintaan Sumur Bor Meningkat

Sementara itu karena sudah lama tidak turun hujan, banyak warga yang mulai kesulitan air. Sumur gali yang selama ini mereka gunakan, sudah kering. Bahkan di beberapa rumah yang menggunakan sumur bor, debit airnya juga sudah jauh berkurang.

Dengan kondisi ini banyak masyarakat yang berharap dengan sumur bor. Dampaknya, permintaan jasa sumur bor juga meningkat.

BACA JUGA:Passing Grade CPNS 2024 Jalur Umum dan Khusus, Segini Target Nilai untuk Lolos

Rano Karno, salah seorang yang menyediakan jasa sumur bor di Kota Bengkulu mengakui meningkatnya permintaan. Selama ini, Rano tidak hanya melayani di Kota Bengkulu, namun juga hingga luar kota seperti Bengkulu Selatan, Jambi bahkan sampai ke Padang.

Nama Rano Karno juga sudah cukup terkenal, karena sudah 15 tahun dia bergelut dengan bisnis sumur bor. 

Kategori :