Musim Panas Bedengkang, Ini Wilayah Sumatera yang Hari Ini Diprediksi Hujan

Selasa 27-08-2024,11:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Musim panas bedengkang, ini wilayah sumatera yang hari ini diprediksi hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memiliki tugas mengamati, mengolah, menganalisa, dan menyebarluaskan informasi tentang cuaca, iklim, dan gempa bumi.

BACA JUGA:Oppo A3 Pro 5G, Hp Tahan Banting dengan 3 Sertifikasi Ketahanan Militer

Hari ini, BMKG merilis informasi prakiraan cuaca di Beberapa wilayah Sumatera yang diperkirakan bakal terjadi hujan dengan intensitas beragam (27/8/2024).

Dilansir dari Antara, Prakirawan cuaca BMKG Hasalika Nurjanah menjelaskan di Pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan terjadi di Banda Aceh, Medan, dan Tanjung Pinang. Lalu untuk wilayah Padang, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Hasalika Nurjanah mengingatkan untuk mewaspadai hujan yang dapat disertakan kilat maupun petir yang dapat terjadi di wilayah Pekanbaru.

BACA JUGA:Makin Mudah, Tiket Pertandingan BRI Liga 1 Bisa Dibeli di Super Apps BRImo, Begini Caranya

Untuk wilayah Lampung, adanya risiko udara kabur, kemudian kondisi cuaca berawan diperkirakan terjadi di wilayah Palembang.

Tak hanya itu, Hasalika Nurjanah juga menyebutkan bahwa hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Jambi dan Pangkal Pinang. Sedangkan untuk wilayah Bengkulu, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Sementara itu, seperti yang diketahui, cuaca sering berubah-ubah dan terkadang sulit untuk diprediksi.
Jika tidak mengetahui kondisi cuaca yang akan terjadi ke depannya, hal ini dapat menyulitkan setiap orang yang ingin beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, penting sekali memahami cara menentukan perubahan cuaca yang benar.

BACA JUGA:Rincian Formasi CPNS KemenPAN-RB 2024, Gaji Bisa Tembus Rp12 Jutaan

Mengutip buku Geografi SMA/MA Kelas 10, Dadang Tri Atmoko &Rudarti (2021), cuaca merupakan kondisi udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu dalam waktu singkat.

Lalu, bagaimana cara menentukan perubahan cuaca yang efektif? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menentukan Perubahan Suhu

Salah satu cara menentukan perubahan cuaca yang bisa dilakukan, yakni dengan memperhatikan perubahan suhu. Jika suhu meningkat secara tajam, artinya cuaca akan hangat atau panas.

Kategori :