Musim Panas Bedengkang, Ini Wilayah Sumatera yang Hari Ini Diprediksi Hujan

Selasa 27-08-2024,11:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Namun, jika suhu turun secara drastis, maka hal ini akan mendekati cuaca dingin atau hujan. Perubahan suhu yang tetap dalam periode tertentu bisa membantu untuk memprediksi perubahan cuaca dalam jangka pendek

2. Menggunakan Sudut Penyinaran Matahari

Cara menentukan perubahan cuaca yang berikutnya melalui sudut penyinaran matahari. Sudut ini terbentuk oleh sinar matahari di permukaan di bumi.

Intensitas penyinaran matahari di belahan bumi sangat variasi dan dipengaruhi oleh posisi lintang dan ketinggian suatu tempat. Jika suatu tempat semakin datar, maka panas yang diterima juga semakin besar.

BACA JUGA:Masih Bingung, Swafoto CPNS 2024 Pakai Baju Apa? Ini Aturan Lengkapnya

3. Mengetahui Perubahan Tekanan Udara

Faktor lain yang menyebabkan perubahan cuaca yakni tekanan udara. Tekanan udara adalah gaya yang terjadi karena adanya berat lapisan udara.

Besarnya suatu tekanan udara di suatu tempat dapat berubah-ubah. Tempat dan waktu yang berbeda tersebut juga mengakibatkan kondisi cuaca yang berbeda pula.

4. Melihat Gerak Angin dan Temperatur Udara

Gerak angin dan temperatur udara juga bisa digunakan untuk mengetahui perubahan cuaca. Perbedaan tekanan udara di tempat yang satu dengan tempat lainnya menyebabkan timbulnya gerakan udara.

Gerakan udara dari laut ke darat saat siang hari, gerakan udara dari darat ke laut saat malam hari, dan gerakan udara dari daerah kutub ke daerah khatulistiwa sepanjang tahun disebut gerakan udara adveksi.

BACA JUGA:Gempa M 5,8 Tadi Malam Ternyata dari Zona Megathrust, Ini Titik Gempanya

Cara Menjaga Kondisi Tubuh saat Terjadi Perubahan Cuaca

Mengutip dari situs upk.kemkes.go.id, berikut adalah beberapa cara menjaga kondisi tubuh saat terjadi perubahan cuaca yang wajib diketahui:

1. Mengonsumsi vitamin C yang cukup

Mengonsumsi vitamin C yang cukup dibutuhkan dalam cara menjaga tubuh saat terjadi perubahan cuaca. Vitamin C dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan juga dapat menyembuhkan flu. Konsumsi lah vitamin C di pagi hari atau sebelum makan.

Kategori :