Lengkap, Ini Daftar Gaji Perawat di Indonesia untuk Lulusan D3 dan S1, Tertinggi Capai Rp 7 Juta

Rabu 28-08-2024,10:40 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Lengkap, ini daftar gaji perawat di Indonesia untuk lulusan D3 dan S1, tertinggi capai Rp 7 juta.

Peran perawat dalam sistem kesehatan sangat penting, karena mereka adalah garda terdepan dalam merawat pasien, memberikan dukungan medis, dan memastikan keselamatan serta kesejahteraan pasien. 

Namun, yang masih menjadi pertanyaan banyak orang yaitu berapa gaji perawat di Indonesia?

BACA JUGA:Daftar Gaji dan Tukin CPNS Petugas Avsec Bandara 2024, Ini Persyaratan Pendaftarannya

Untuk menjawab pertanyaan itu kita akan mengulas secara mendetail gaji perawat berdasarkan jenis pekerjaannya berikut ini.

Rincian Gaji Perawat Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Dilansir situs resmi Gramedia, gaji setiap perawat diperoleh sesuai dengan peran dan fungsinya. Makin besar tanggung jawab seorang perawat, maka makin besar juga gaji bulanan yang akan diperoleh.

BACA JUGA:Intip Gaji Karyawan Alfamart, Ada yang Tertinggi Tembus Rp 9 Juta

1. Gaji perawat rumah sakit

Biasanya, perawat yang bekerja di rumah sakit (RS) adalah perawat yang telah mengantongi ijazah D-3 atau S-1. Namun, perlu digarisbawahi, yang paling penting dalam menjadi perawat adalah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari pemerintah.

Apabila kamu sudah memiliki STR, maka kamu bisa memilih RS mana yang kamu pilih untuk menjadi tempat bekerja, mulai dari rumah sakit milik pemerintah, swasta, BUMN, sampai rumah sakit di luar negeri.

Perawat RS yang memiliki STR biasanya diberikan gaji di kisaran Rp4 juta - Rp7 juta per bulan.

BACA JUGA:Berapa Gaji Pegawai Bandara di Indonesia yang Terbaru? Ini Rinciannya Lengkap Semua Jabatan

2. Gaji perawat instalasi gawat darurat

Perawat instalasi gawat darurat (IGD) berbeda dengan perawat RS biasa. Perawat IGD khusus ditempatkan di IGD yang merupakan garda terdepan dari sebuah rumah sakit. Sebab, perawat gawat darurat tentu harus dapat menangani pasien selama 24 jam mulai dari pasien dengan penyakit ringan hingga berat.

Kategori :