Masih Terbuka Kesempatan, Segera Daftar CPNS Basarnas Wilayah Bengkulu Disiapkan 30 Kuota Minimal Lulusan SLTA

Jumat 30-08-2024,11:33 WIB
Reporter : Laili Ramadhanti Nur Duha
Editor : Septi Fitriani

7. Kemampuan Berenang: Harus memiliki sertifikat berenang dari tempat kursus resmi.

BACA JUGA:Bertanggung Jawab Keamanan Negara, Segini Gaji serta Tunjangan Perwira Menengah dan Tinggi TNI

Dijelaskan Zulhendra, seleksi CPNS Basarnas dilakukan dalam beberapa zona, termasuk Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Peserta diperbolehkan mengikuti tes di zona manapun, meski berada di zona lain.

Masa pengumuman dan pendaftaran online berlangsung dari 19 Agustus hingga 6 September 2024. Setelah itu, akan ada jeda seminggu untuk seleksi administrasi, diikuti masa sanggah selama seminggu.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) diperkirakan akan berlangsung pertengahan Oktober dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diadakan oleh BKN. 

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Bulan Baik Tahun 2024 untuk Menikah Menurut Islam, Cocok Jadikan Pilihan

Jika lulus, peserta akan menjalani tes Non SKB yang meliputi tes kesehatan dasar, tes fisik seperti lari jarak jauh, pull-up, sit-up, tes fobia ketinggian (15 meter), serta tes berenang 50 meter gaya bebas.


"Tes Non SKB ini biasanya untuk tenaga pendukung lapangan rescue, sementara tenaga medis dan teknisi hanya menjalani tes CAT, SKD, serta tes kesehatan dasar, diakhiri dengan wawancara," jelasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, pelamar dapat mengunjungi situs resmi www.basarnas.go.id. Seleksi pemberkasan dilakukan langsung dari kantor pusat, bukan dari wilayah Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Catat, Ini 5 Bulan Baik Tahun 2024 untuk Menikah Menurut Islam, Cocok Jadikan Pilihan

"Tenaga rescue diharuskan siaga 24 jam untuk operasi SAR dalam kondisi darurat seperti bencana, kecelakaan pesawat, kapal, dan musibah lainnya," kata Zulhendra.

Sementara itu, kegiatan pembinaan fisik rutin bagi tim rescue dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Menurut seorang Rescue Terampil Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu  Rahmat Arif,  pembinaan ini mencakup latihan fisik dan teori di kelas.

Setiap Selasa, peserta juga melakukan praktik lapangan, sebelum kegiatan dimulai mereka menjalani pemeriksaan kesehatan untuk mengantisipasi risiko seperti pingsan atau masalah kesehatan lainnya.

 

Laili Ramadhanti Nur Duha

 

Kategori :