9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Sabtu 31-08-2024,09:35 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Namun, efektivitas manfaat cuka apel untuk wanita yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jadi, cuka apel tidak bisa dijadikan satu-satunya pengobatan PCOS, ya. Kondisi ini tetap perlu diperiksakan dan ditangani oleh dokter.

BACA JUGA:Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

8. Menyehatkan rambut

Kandungan asam asetat dalam cuka apel bisa mengatasi masalah rambut kering dan mengembang. Soalnya, asam ini bisa menyeimbangkan pH rambut yang pas agar kondisi rambut tetap bagus.

Selain mengandung asam asetat, cuka apel juga mengandung antimikroba. Hal ini bisa mencegah perkembangan bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan kulit kepala berketombe, gatal, sampai infeksi.

9. Menjaga skin barrier

Selain menyehatkan rambut, asam asetat dalam cuka apel juga bisa menyeimbangkan pH alami kulit dan mengatasi kulit kering. Dengan begitu, kelembapan kulit terjaga dan skin barrier pun bisa melindungi kulit dengan baik.

10. Membersihkan kulit

Campuran air bersih dan cuka apel bisa digunakan untuk membersihkan kulit, lho. Larutan ini juga bisa dipakai sebagai bahan untuk double cleansing. Manfaat cuka apel untuk wanita ini berasal dari kandungan antibakteri sekaligus efek asamnya yang bisa mengangkat debu dan sebum di kulit.

Perlu diingat, penggunaan cuka untuk rambut dan kulit harus diencerkan dengan air terlebih dahulu, ya. Selain itu, kamu juga perlu bertanya dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa cuka apel betul-betul aman untuk kulitmu. Soalnya, cuka apel juga bisa mengiritasi kulit, khususnya bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

BACA JUGA:Tak hanya Bumbu Dapur, Simak 7 Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Intip juga 7 Manfaat Lain Cuka Apel

Untuk mendapatkan berbagai manfaat cuka apel untuk wanita, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkannya pada makanan dan minuman. Selain itu, terkadang cuka ini juga dicampurkan dengan air dan dioleskan pada kulit dan rambut atau diminum langsung. 

Meski manfaat cuka apel untuk wanita cukup banyak, jangan sampai kamu menggunakannya berlebihan, ya. Soalnya, cuka ini juga bisa menimbulkan efek samping tertentu jika pemakaiannya berlebihan.

Beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah sensasi perih di dada, perut terasa penuh, kerusakan enamel gigi, sampai kekurangan kalium.

Demikianlah ulasan, manfaat cuka apel untuk wanita, dari kesehatan hingga kecantikan.

 

Kategori :