Punya Banyak Khasiat Untuk Kesehatan, Tapi 10 Kelompok Orang Ini Harus Menghindari Konsumsi Cuka Apel

Sabtu 31-08-2024,09:41 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Punya banyak khasiat untuk kesehatan, tapi 10 kelompok orang ini harus menghindari konsumsi cuka-apel.

Dari sekian banyak jenis cuka, cuka apel menjadi salah satu jenis cuka yang punya beragam manfaat. Sesuai dengan namanya, cuka apel terbuat dari sari buah apel yang sudah difermentasi. Pertama, buah apel yang sudah matang, dilumatkan untuk diambil airnya. Kemudian air sari cuka apel ini diberi tambahan ragi agar bisa difermentasi.

BACA JUGA:9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Cuka apel sendiri, sebenarnya sudah ada sejak lama sekali. Jauh sebelum jenis cuka satu ini populer seperti sekarang, orang-orang Yunani Kuno bahkan sudah menggunakannya. Sama seperti kita, orang Yunani Kuno juga menggunakan cuka apel untuk keperluan memasak. Selain itu, mereka juga menggunakan jenis cuka ini untuk pengobatan.

Cuka apel memiliki banyak kandungan nutrisi, termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan kandungan zat besi lainnya. Dengan nutrisi sebanyak itu, tidak heran jika cuka apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita

BACA JUGA:Cara Buat Cuka Apel Sendiri di Rumah, Bisa Konsumsi Setiap Hari Untuk Bantu Program Diet Ampuh

10 Kelompok Orang yang Harus Menghindari Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi risiko kanker. Namun, ada beberapa kelompok orang yang harus menghindari konsumsi cuka apel.

Berikut adalah 10 kelompok orang yang harus menghindari konsumsi cuka apel:

• Orang dengan gangguan lambung

Cuka apel dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan mual, muntah, dan diare. Jika Anda memiliki gangguan lambung, seperti GERD atau tukak lambung, sebaiknya hindari konsumsi cuka apel.

• Orang dengan gangguan ginjal

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat melarutkan mineral dalam tubuh, termasuk kalsium dan kalium. Jika Anda memiliki gangguan ginjal, sebaiknya hindari konsumsi cuka apel karena dapat memperburuk kondisi Anda.

BACA JUGA:Kenapa Cuka Apel Bisa Bantu Program Diet? Ini Kandungan Nutrisi Dalam 100 Mililiter Cuka Apel

• Orang dengan gangguan jantung

Kategori :