Apa Itu Penyakit Barkembar dan Apa Gejalanya? Simak Cara Penanganannya

Sabtu 31-08-2024,16:11 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Apa itu penyakit barkembar dan apa gejalanya? simak informasinya disini beserta cara penanganannya.

Penyakit barkembar belakangan ini menjadi sorotan publik setelah viral di media sosial. Istilah yang diungkapkan oleh seorang pengguna TikTok ini mengejutkan banyak orang, terutama karena disebut-sebut memiliki kesamaan dengan penyakit beri-beri. 

Tapi, apa sebenarnya penyakit barkembar itu? Mari kita telusuri lebih dalam mengenai gejala, penyebab, serta cara penanganan penyakit ini.

BACA JUGA:Konsumsi Cuka Apel dalam Islam, Halal Atau Haram?

Penyakit barkembar, atau yang juga dikenal dengan nama barkham disease, sebenarnya adalah istilah lain untuk penyakit beri-beri. 

Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin B1 (tiamin), sebuah nutrisi penting yang berperan krusial dalam berbagai fungsi tubuh.

Vitamin B1 memiliki peran utama dalam mendukung kesehatan sistem saraf, jantung, serta otak. 

Kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan serius yang berpotensi membahayakan nyawa jika tidak diatasi dengan baik.

BACA JUGA:9 Manfaat Cuka Apel Untuk Anak, Perhatikan Dosis Konsumsi yang Tepat

Gejala Penyakit Barkembar

Setelah istilah penyakit barkembar menjadi viral, banyak orang menjadi penasaran dan mulai mencari informasi lebih lanjut.

Penyakit barkembar adalah sebutan lain untuk beri-beri, yang terbagi menjadi dua jenis utama: beri-beri basah dan beri-beri kering. 

Masing-masing jenis ini memiliki gejala yang berbeda, dan pemahaman mengenai gejala-gejala tersebut sangat penting untuk diagnosis dan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Punya Banyak Khasiat Untuk Kesehatan, Tapi 10 Kelompok Orang Ini Harus Menghindari Konsumsi Cuka Apel

1. Beri-Beri Basah

Kategori :