Air Galon Sebabkan Orang Miskin, Kok Bisa?

Minggu 01-09-2024,09:07 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Namun, bagaimana perbandingan kebersihan dan keamanan kedua sumber air untuk rumah tangga ini? Berikut ini penjabarannya:

1. Kebersihan

Air keran di rumah-rumah penduduk bisa berasal dari sumur (air tanah) atau perusahaan air minum (PAM). 

Meski sudah melalui proses penyaringan, kualitas Air PAM di Indonesia kemungkinan besar menurun setelah dialirkan menuju rumah penduduk. Air PAM juga bisa terkontaminasi bakteri yang terdapat di pipa. 

Air tanah dari sumur di rumah juga belum terjamin mutunya karena bisa tercemar zat atau logam berbahaya. Untuk itu, air PAM dan air sumur perlu disaring atau direbus terlebih dulu sebelum digunakan. Proses ini bertujuan menghilangkan kuman atau zat pencemar. 

Sementara itu, air minum dalam kemasan yang dijual dalam bentuk galon seharusnya lebih bersih dan bisa langsung diminum. Air galon melalui proses produksi air kemasan yang higienis sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). 

Namun, pastikan Anda memilih air minum dalam kemasan (AMDK) yang layak konsumsi. Salah satu kriterianya yaitu mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA:Intip Harta Kekayaan Erwin Octavian Bakal Calon Bupati di Pilkada Seluma 2024

2. Keamanan

Untuk benar-benar memastikan keamanan air sumur, Anda harus membawa sampel air ini ke laboratorium untuk diuji kualitasnya. Setelah dinyatakan bersih dan aman, barulah Anda bisa mengonsumsi air tanah dengan menyaring dan merebusnya terlebih dahulu. 

Jika belum diuji, jangan konsumsi air keran dari sumur, apalagi jika air terlihat keruh, berbau menyengat atau tajam, dan terasa aneh. Hal ini juga berlaku untuk air PAM. 

Produk air galon yang sudah memenuhi kriteria layak konsumsi dan tidak melewati tanggal kedaluwarsa seharusnya aman untuk langsung digunakan.

Air memang tidak bisa kedaluwarsa, tetapi air galon berbahan plastik berisiko terkontaminasi bakteri kalau sudah terlalu lama atau air kemasan terkena panas.

BACA JUGA:Pasca Pendaftaran 4 Pasangan Bakal Cabup-Cawabup Mukomuko, Masyarakat Diwanti-wanti Risiko Perpecahan

Air yang Disaring Lebih Aman

Kualitas air yang disaring biasanya lebih baik daripada air yang direbus. National Sanitation Foundation (NSF) menilai air yang melalui proses filtrasi lebih sehat dan aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Kategori :