Begini Cara dan Langkah KPU Memverifikasi Berkas 3 Paslon Bupati dan Wakil di Pilkada Kepahiang 2024

Senin 02-09-2024,18:53 WIB
Reporter : Nico Relius
Editor : Agus Faizar

KEPAHIANG,RBTVCAMKOHA.COM - Tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang di Pilkada 2024 sudah mendaftar.

Untuk memverifikasi berkas ketiga pasangan calon tersebut, KPU Kepahiang  mendatangi semua instansi yang berkaitan dengan asal sumber berkas dari para paslon tersebut.

BACA JUGA:Warga Taba Lagan Ditemukan Tewas di Dalam Rumah, Polisi Langsung Olah TKP

KPU membagi berbagai tim untuk melakukan verifikasi mulai dari ijazah SMA hingga Perguruan tinggi bapaslon Bupati dan Wakil Bupati, dengan mendatangi sekolah dan perguruan tinggi serta berkas lain seperti surat bebas hutang bapaslon.

BACA JUGA:Mulai Tanggal 3 September Ada Perbaikan, Ini Jadwal Buka Tutup Jalan Talang Ratu Lebong

Ketua KPU Kepahiang, Ikrok menegaskan khusus untuk surat bebas hutang ini pihaknya  mengirim tim verifikator ke Pengadilan Tata Niaga Medan karena memang dikeluarkan oleh Pengadilan setempat guna mengklarifikasi keabsahan dari surat tersebut sebagai bahan untuk penentuan nasib bapaslon.

BACA JUGA:Terbaru! Inilah Daftar Mobil yang Terancam Tak Bisa Isi BBM Subsidi, Adakah Jenis Kendaraanmu?

"Seluruh berkas yang bersangkutan dilakukan klarifikasi kepada instansi terkait guna mengecek keabsahan surat sebagai rujukan dalam menentukan nasib bapaslon kedepan," kata Ikrok saat ditemui diruang kantor nya, Senin (2/9).

BACA JUGA: Bertarung di Pilkada Kabupaten Kaur, Segini Harta Kekayaan Herlian Muchrim, Bakal Calon Bupati

Ikrok pun menyatakan, pihaknya juga fokus pada lembar ijazah SMA dan Perguruan tinggi ketiga bapaslon untuk melihat keabsahan sehingga tak menimbulkan permasalahan dikemudian hari terkait ijazah bapaslon seperti yang pernah terjadi di pilkada 2020 dimana ada gugatan terhadap ijazah salah satu calon.

BACA JUGA:Pemilik Motor Harus Tahu! Begini Tips dan Cara Merawat Honda Beat Fuel Injection

"Klarifikasi ini yang menjadi pegangan kami yang membuktikan bahwa kami sudah mengklarifikasi berkas bapaslon sebelum nantinya ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung pada pilkada Kepahiang November mendatang," tegas Ikrok.

 

(Nico Relius)

Kategori :