Tertarik Jadi Bagian RSPAD Gatot Soebroto, Intip Besaran Gaji PNS Perawat dan Tunjangannya

Selasa 03-09-2024,12:29 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

Tentang Logo RSPAD Gatot Soebroto

Pataka Bersyukur RSPAD Gatot Soebroto adalah Pataka yang dibuat oleh Tim Pokja Pembuatan Pataka dan Simbol Satuan sesuai dengan Surat Perintah Kepala RSPAD Gatot Soebroto, nomor Sprin/ 1224/ V/ 2020 tanggal 11 Mei 2020, tentang Tim Pokja Pembuatan Pataka RSPAD Gatot Soebroto.

Pada 26 Desember 2019, RSPAD Gatot Soebroto resmi menjadi salah satu satuan jajaran badan pelaksana pusat (Balakpus) yang dipimpin oleh pati Bintang Tiga (Letnan Jenderal), terlepas secara organisasi dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat. Sebagai organisasi baru, RSPAD Gatot Soebroto adalah Balakpus di bawah Mabes Angkatan Darat sehingga wajib memiliki lambang satuan yang disebut dengan Pataka yang menjiwai semangat korsa, nilai-nilai juang dan sejarah RSPAD Gatot Soebroto.

Berikut makna Pataka "BERSYUKUR" RSPAD Gatot Soebroto:

1. Bintang sudut lima

Melambangkan kesejatian dan tujuan tertinggi yaitu keprajuritan sejati yang dijiwai oleh Pancasila sebagai Dasar Negara serta falsafah hidup bangsa. Bintang juga melambangkan RSPAD Gatot Soebroto merupakan RS Kepresidenan Utama.

2. Perisai warna dasar merah putih dengan Lis warna emas

Melambangkan perlindungan dan keampuhan, serta lima sudut perisai melambangkan 5 sila dari Pancasila. Latar belakang merah putih, melambangkan kecintaan kepada NKRI.

3. Tongkat, ular dan sayap

Melambangkan penyembuhan dan pengobatan. Sayap menyimbolkan semangat untuk senantiasa mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan.

BACA JUGA:Perayaan HUT ke-1 IKA FK Unsri dan Dies Natalis ke-62 FK Unsri Meriah, Jalan Santai hingga Kegiatan Sosial

4. Padi dan Kapas

Melambangkan tercapainya kesuburan, kemakmuran, masyarakat Indonesia melalui upaya kesehatan tanpa melihat pada status maupun kedudukan. 

Adapun jumlah kapas 26, ikatan tali, sayap berjumlah 19, padi 50 merujuk pada penyerahan RS Militer Weltervreden kepada pemerintah Republik Indonesia tanggal 26 Juli 1950 yang menjadi tonggak sejarah berdirinya RSPAD Gatot Soebroto.

5. Daun Sambiloto

Melambangkan pengobatan yang dilandasi oleh kearifan bangsa Indonesia untuk memberikan kesembuhan orang sakit yang menjiwai semangat prajurit Hesti Wira Sakti.

Kategori :