Viral, WNI Berbaju Hitam Diduga Resahkan Warga Jepang! KBRI Tokyo dan KJRI Osaka Bertindak

Rabu 04-09-2024,10:30 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Viral, WNI berbaju hitam diduga meresahkan warga Jepang! KBRI Tokyo dan KJRI Osaka bertindak. 

Media sosial sedang diramaikan oleh video viral yang memperlihatkan sekelompok pria berbaju hitam, diduga warga negara Indonesia (WNI), yang dikabarkan membuat resah warga Jepang. 

BACA JUGA:Tertarik Jadi Jaksa? Ini Besaran Gaji Jaksa Agung dan Tunjangan, Menggiurkan!

Dalam video yang beredar luas, tampak rombongan pria tersebut, yang diduga tergabung dalam sebuah geng, duduk sembarangan di pinggiran jalan di Osaka, Jepang. 

Tak hanya sekadar berkumpul, ada pula rekaman yang menunjukkan salah satu pria dari kelompok tersebut berkeliling kota dengan sepeda, lengkap dengan atribut geng mereka. 

Perilaku ini tentu saja menarik perhatian dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Mengenal Pemain Naturalisasi Timnas Singapura Bintang Grade A Eropa, Jadi Pemain Termahal di Asean

Respon KBRI Tokyo dan KJRI Osaka

Menanggapi fenomena ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka segera merespons dengan mengeluarkan imbauan resmi yang disebarkan melalui akun Instagram resmi mereka, @kbritokyo dan @indonesianosaka, pada Minggu, 1 September 2024. 

Dalam imbauan tersebut, kedua perwakilan Indonesia di Jepang ini meminta agar seluruh WNI yang berada di Jepang selalu:

1. Mematuhi nilai, norma, kebiasaan, dan aturan hukum setempat. Setiap pelanggaran hukum di Jepang dapat berujung pada konsekuensi serius yang harus ditanggung oleh pelaku.

2. Turut serta menjaga ketertiban umum. WNI diharapkan tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat setempat.

BACA JUGA:Dibuka Sebentar Lagi, Intip Besaran Gaji Terbaru PPPK Guru 2024

3. Menjaga nama baik bangsa dan negara. Sebagai perwakilan Indonesia di luar negeri, setiap WNI diharapkan bisa menjadi duta yang baik dengan menunjukkan perilaku yang terpuji.

4. Saling mengingatkan dan menjaga komunikasi dengan simpul masyarakat dan perwakilan RI. Komunikasi yang baik di antara sesama WNI dan perwakilan RI sangat penting untuk mencegah dan menangani masalah yang mungkin timbul.

Kategori :