Berapa Gaji Dokter Spesialis Anak? Ini Besaran Gaji Per Bulannya

Rabu 04-09-2024,13:00 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Lantas, berapa gaji yang diterima oleh dokter spesialis anak setiap bulannya?

BACA JUGA:BNNP Bengkulu Bekuk Terduga Pengedar Narkoba dan Amankan 43,03 Gram Sabu

Gaji Dokter Spesialis Anak

Dokter anak yang bekerja di rumah sakit umum memiliki gaji sekitar Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per bulannya. Sedangkan, dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit swasta bisa memperoleh gaji Rp 15 juta sampai Rp 25 juta.

Namun, apabila sudah mencapai tingkat senior, pendapatan dokter anak bisa mencapai Rp 50 juta sampai Rp 75 juta perbulannya.

Secara umum, Dokter spesialis di rumah sakit swasta cenderung lebih tinggi dibandingkan di rumah sakit pemerintah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan struktur penggajian, fasilitas, dan tunjangan yang diberikan oleh masing-masing jenis rumah sakit.

BACA JUGA:BNNP Bengkulu Bekuk Terduga Pengedar Narkoba dan Amankan 43,03 Gram Sabu

Sedangkan untuk dokter spesialis di rumah sakit pemerintah cendrung lebih rendah karena gajinya sudah ditetapkan oleh peraturan pemerintah. Meskipun demikian mereka masih mendapatkan beberapa fasilitas dan tunjangan.

Selain itu juga ada beberapa faktor lain yang dapat memepengaruhi gaji dokter umum atau dokter spesialis, seperti reputasi, citra, dan kapasitas rumah sakit dalam memberikan kompensasi yang kompetitif.

BACA JUGA:Segini Gaji Dokter Spesialis Penyakit Dalam Per Bulan, Makin Tajir

Keuntungan Dokter Spesialis Anak

Menjadi seorang dokter spesialis anak memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kepuasan Emosional

Merawat anak-anak bisa memberikan kepuasan emosional yang tinggi. Banyak dokter spesialis anak merasa terpanggil untuk membantu anak-anak dan keluarga mereka dalam situasi kesehatan yang sulit.

2. Hubungan dengan Anak-Anak

Bekerja dengan anak-anak bisa sangat memuaskan secara pribadi. Anak-anak seringkali lebih terbuka, jujur, dan ekspresif, yang dapat menciptakan hubungan yang istimewa antara dokter dan pasien.

Kategori :