Ternyata Segini Gaji Dokter Spesialis Bedah Tiap Bulannya, Berapa Digit?

Rabu 04-09-2024,13:52 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Banyak yang menganggap bidang medis sebagai salah satu pekerjaan yang paling disegani, dan bidang ini memiliki status sosial yang lebih tinggi daripada kebanyakan pekerjaan lainnya.

Sementara itu, selain mendapatkan beberapa keunggulan diatas, berikut ini adapun beberapa kelemahan yang akan didapatkan oleh seorang dokter spesialis bedah, yakni:

1. Biaya sekolah yang mahal

Meskipun gaji untuk menjadi dokter bedah awalnya cukup tinggi dan terus meningkat selama sisa karier seseorang, sebagian besar mahasiswa kedokteran biasanya lulus dengan utang finansial yang besar.

Mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk melunasi utang dan mulai melihat kehidupan yang menguntungkan sebagai dokter bedah. Namun, jam kerja yang panjang tidak akan Anda tinggalkan hanya karena Anda telah lulus dari sekolah kedokteran dan menyelesaikan magang dan residensi Anda.

Ini adalah proses yang sulit untuk memperoleh lisensi medis, dan begitu Anda menjadi staf di rumah sakit, Anda akan melakukan banyak shift malam dan darurat.

BACA JUGA:Segini Gaji Dokter Spesialis Penyakit Dalam Per Bulan, Makin Tajir

2. Stres yang tinggi

Karier medis bisa sangat emosional dan menguras tenaga. Meskipun ada beberapa hal yang sangat menyenangkan dalam menyelamatkan nyawa, begitu Anda mulai berlatih, hal itu dapat memengaruhi kesejahteraan emosional Anda saat Anda berhadapan dengan pasien yang tidak dapat Anda selamatkan.

Hal itu ditambah dengan jam kerja yang panjang, prosedur yang sulit, lingkungan kerja yang penuh tekanan, dan tanggung jawab yang sangat besar sering kali menyebabkan depresi atau setidaknya masalah kecemasan.

BACA JUGA:Bikin Merinding! Ini Potret Rumah Mewah Terbengkalai 20 Tahun, Siapa Pemiliknya?

3. Memakan banyak waktu

Dokter bedah tidak hanya menjalani pendidikan dan pelatihan hingga 15 tahun (atau lebih), mereka juga sering kali harus bekerja dalam waktu yang lama.

Hal ini dapat mengganggu kehidupan pribadi seseorang, sehingga membatasi jumlah waktu yang dapat dihabiskan dokter bedah bersama keluarga dan teman-temannya.

BACA JUGA:Berapa Gaji Dokter Spesialis Anak? Ini Besaran Gaji Per Bulannya

4. Gugatan hukum

Kategori :