Rincian Gaji Bidan Pelaksana Lanjutan yang Bertugas Membina Posyandu

Kamis 05-09-2024,07:35 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi untuk membantu mengasuh bayi yang baru lahir, hingga tahap imunisasi. Bidan juga merupakan pekerjaan yang mulia, sebab ikut membantu dan menolong masyarakat.

Sama seperti cabang juru san kesehatan lainnya, Kebidanan juga menuntut komitmen dan upaya besar selama masa perkuliahan.

Jurusan Kebidanan menawarkan pendidikan vokasional yang dapat ditempuh dalam waktu 3 tahun atau 6 semester untuk D3 dan 4 tahun atau 8 semester untuk D4 dan S1. 

BACA JUGA:Intip Gaji Dokter Spesialis Tertinggi di Dunia, Tembus Berapa Digit?

Usai menuntaskan studi di Jurusan Kebidanan, kamu akan menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan untuk D3, Sarjana Terapan Kebidanan untuk D4 dan Sarjana Kebidanan (S.Keb) untuk S1. 

Jika ingin melanjutkan lagi ke jenjang pascasarjana kamu dapat mengambil Magister Kebidanan atau program lain yang mendukung profesi yang kamu impikan.

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji Menteri Investasi BKPM dan Tugas Berat Rosan Roeslani

Keahlian Jurusan Kebidanan

- Kemampuan meneliti

- Kemampuan melakukan analisa

- Pemahaman konsep kebidanan

- Pemahaman komunikasi dalam praktek kebidanan

- Pemahaman kesehatan Masyarakat

Kebutuhan Lulusan Jurusan Kebidanan di Dunia Kerja

  • Lulusan jurusan Kebidanan dibutuhkan di berbagai fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit sebagai tenaga bidan
  • Bekerja sebagai penyuluh kesehatan maupun penyuluh keluarga berencana, atau Praktisi hypnobirthing dan prema birthing setelah mengambil sertifikasi praktisi di bidang tersebut
  • Peluang kerja berikutnya adalah menjadi seorang instruktur meditasi persalinan untuk membantu ibu hamil tetap merasa tenang menjelang masa persalinannya
  • Jika kamu tidak ingin menjadi bidan, kamu juga dapat mengajarkan Ilmu yang kamu miliki ke mahasiswa di universitas yang kamu inginkan dengan menjadi seorang dosen.

BACA JUGA:Segini Gaji ASN di Kementerian PANRB, Simak 61 Formasi CPNS 2024 di Kementerian PANRB

Selain itu, lulusan Kebidanan juga dibekali dengan kemandirian, sehingga dapat membuka praktek sendiri. 

Kategori :