Perbedaan Gaji Karyawan Alfamart dan Indomaret, Segini Selisihnya

Jumat 06-09-2024,10:13 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

12. Merchandiser

Gaji Merchandiser Alfamart Rp 3 juta – Rp 4 juta, sedangkan Indomaret Rp 2,5 juta – Rp 3,8 juta. Tugasnya adalah melakukan pekerjaan di toko seperti merapikan dan meletakkan produk di etalase, memberikan pelayanan yang terbaik serta merawat toko beserta isinya.

Namun, merchandiser merupakan karyawan tetap sedangkan pramuniaga biasanya masih dalam tahap pelatihan. Merchandiser merupakan ujung tombak di toko, oleh karena itu pelayanan dan keramahan merupakan kunci utama di posisi ini.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Ini Jadwal untuk Kemendikbud dan Kemenag

13. Inventory Control (IC)

Alfamart yakni Rp 2,6 juta – Rp 3 juta, sedangkan Indomaret Rp 2 – Rp 2,5 juta. Tugas inventory control memiliki tugas dan tanggung jawab menangani barang masuk (termasuk menghitung stok dan mendata barang datang).

Menjadi quality Controller barang yang masuk dan memastikan barang tersebut layak jual serta melakukan penyimpanan barang dengan baik.

14. Helper/Picker (Gudang)

Alfamart sebesar Rp 2 juta – Rp 3 juta, sedangkan Indomaret Rp 2 juta – Rp 3 juta. Gaji bisa lebih dari itu tergantung UMR dan waktu lembur.

Tugas helper Indomaret dan Alfamart mulai dari melaksanakan tugas operasional dalam warehouse (gudang), menyiapkan, mempacking, mengecek stok dan kondisi barang barang dengan benar dan cepat dan membantu proses bongkar muat barang, pengiriman dan penerimaan.

BACA JUGA:Pengedara Sepeda Motor Tabrak Tembok dan Tewas di TKP

15. Management Trainee

Alfamart Rp 4 juta – Rp 5 juta, sedangkan Indomaret Rp 4 juta – Rp 5 juta. Tugasnya meliputi analisa data, analisa kelayakan proyek, membuat laporan keuangan dan lainnya.

Posisi ini mengharuskan pergantian divisi secara berkala karena management trainee dipersiapkan untuk menjadi manajer di masa depan.

16. Kepala Toko (Head Store)

Alfamart sebesar Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta, sedangkan Indomaret Rp 3 juta – Rp 4 juta. Kepala toko atau head store pada umumnya memiliki tugas untuk mengkoordinir semua aktivitas toko dalam memberikan pelayanan yang diarahkan untuk pemenuhan kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah pelanggan di toko.

Kategori :