Fantastis! Ini Gaji Pelatih Sepak Bola di Indonesia, Shin Tae-yong Dapat Jatah Segini

Jumat 06-09-2024,11:54 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Terbaru, Pelamar CPNS 2024 Tembus 2,7 Juta Orang, Ini Instansi Daerah yang Masih Sepi Peminat

4. Memberikan Motivasi

Saat pertandingan di mulai, pelatih berada di pinggir lapangan dan memberikan berbagai instruksi dan menganalisis permainan tim.

Selain itu, pelatih juga memiliki tugas lainnya yaitu memberikan motivasi bagi para pemain, terlebih saat timnya sedang kalah. Hal ini menjadi sangat penting untuk menaikan mental pemain.

5. Membimbing Pemain

Seorang pelatih sepak bola juga bertugas untuk membimbing dan mengarahkan para pemainnya dalam meningkatkan kekuatan fisik, otot, stamina, dan lain sebagainya.

Pelatih juga bisa memberikan masukan bagi para pemain setelah bertanding mengenai kekurangan dan kelebihan pemain.

BACA JUGA:Ini Batasan Usia Nasabah Dapat Ajukan Pinjaman KUR BRI 2024

Sehingga, pemain bisa termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya saat bermain di lapangan.
Sementara itu, untuk informasi tambahan, sepak bola menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia sehingga profesi sebagai pelatih menjadi hal menarik untuk dibahas.

Banyak pelatih sepak bola yang dulunya adalah seorang pemain profesional. Meski demikian, menjadi mantan pemain profesional bukan hal utama jika berminat menekuni profesi sebagai pelatih.

Untuk menjadi pelatih di level atas, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Untuk menjadi pelatih kepala di Liga 1, perlu mengantongi lisensi A AFC yang di mana secara peraturan butuh jam terbang selama lima tahun sebagai di dunia kepelatihan untuk mendapatkan itu.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman KUR BRI 2024 Rp 500 Juta, Segini Cicilannya per Bulan

Selain pengalaman atau jam terbang, tentunya sayarat mengantongi lisensi tinggi adalah memiliki lisensi yang levelnya dari bawah.

Di Indonesia, aturan-aturan untuk menjadi pelatih sudah ditetapkan oleh PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air. Nah, PSSI pun berkiblat dengan aturan konfederasi.

Prosedur kursus kepelatihan di setiap negara mengikuti aturan konfederasi sepakbola benua masing-masing. Indonesia mengacu pada prosedur Federasi Sepakbola Asia (AFC) untuk mendapatkan lisensi kepelatihan.

Ada empat lisensi kepelatihan menurut AFC, yaitu Grassroots (lisensi D Nasional), C AFC, B AFC, A AFC, dan AFC Pro.

Kategori :