Penting Dipahami, Ini Pengaruh Mengganti Nama, Bisa Berimbas Pada Ijazah Sekolah

Senin 09-09-2024,11:14 WIB
Reporter : Tianzi Agsutin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Penting dipahami, ini pengaruh mengganti nama, bisa berimbas pada ijazah sekolah.

Mengubah identitas nama pribadi adalah tindakan yang dilakukan oleh sebagian individu dengan berbagai alasan yang beragam.

Baik itu berkaitan dengan perubahan status, identitas personal, maupun alasan administratif, mengganti nama bukanlah hal yang langka.

BACA JUGA:Terbaru, Segini Biaya Tes DNA di Rumah Sakit, Ini Sederet Manfaatnya

Mungkin banyak orang belum menyadari bahwa setiap individu memiliki hak untuk mengubah nama mereka, dan hal ini diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Proses ini tentu saja membawa dampak hukum yang signifikan, baik dari segi hukum keperdataan maupun hukum administrasi.

Untuk memahami lebih dalam mengenai dampak-dampak hukum dari perubahan nama, mari kita simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Tak Sembarangan, Begini Cara Mengganti Nama Anak Dalam Islam Menurut Buya Yahya

Konsekuensi Hukum Mengganti Nama

Penggantian nama memiliki konsekuensi hukum yang berhubungan dengan berbagai aspek hukum, khususnya dalam hukum keperdataan dan hukum administrasi.

Dalam hukum keperdataan, penggantian nama mempengaruhi berbagai hal yang berkaitan dengan hukum orang, hukum keluarga, hukum kekayaan, dan hukum waris.

Hukum orang mencakup peraturan yang mengatur tentang subjek hukum sebagai manusia, sedangkan hukum keluarga mengatur hubungan-hubungan hukum yang timbul dari ikatan kekeluargaan.

BACA JUGA:Kabar Duka, Bakal Cawagub Aceh Tu Sop Meninggal Dunia, Ini Aturan Penggantinya

Hukum kekayaan, di sisi lain, berkaitan dengan hubungan hukum yang bisa dinilai dengan uang, dan hukum waris mengatur tentang pembagian benda atau kekayaan seseorang setelah ia meninggal.

Ketika seseorang mengganti nama, segala hal yang terkait dengan identitasnya dalam konteks hukum keperdataan harus diperbarui untuk mencerminkan nama yang baru.

Kategori :