Dana Bansos Pendidikan Rp1,8 Juta di Rekening, Ini Cara Cek Daftar Penerima Melalui SI PINTAR

Selasa 10-09-2024,08:55 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dana bansos pendidikan Rp1,8 juta di rekening, ini cara cek daftar penerima melalui SI PINTAR.

Pemerintah menyediakan bantuan sosial (bansos) untuk anak sekolah guna mendukung pendidikan bagi keluarga yang kurang mampu. Pada dasarnya bansos ini merupakan bagian dari bansos PKH yang sudah kita ketahui bersama. Bansos ini terpacu pada anak sekolah, program ini menawarkan bantuan finansial kepada siswa tingkat SD, SMP, dan SMA atau sederajat. 

Dana Bansos Pendidikan Rp1,8 Juta di Rekening

Kemendikbudristek dan Kemenag terus menyalurkan bansos bersifat reguler untuk KPM PKH atau BPNT.

BACA JUGA:4 Bansos Cair Merata Termasuk PKH dan BLT Rp400.000 Bulan September, Cek Sekarang

Program Indonesia Pintar (PIP) disalurkan untuk KPM anak sekolah SD, SMP, SMA, SMK Sederajat yang masuk dalam kategori keluarga prasejahtera atau rentan miskin.

KPM penerima bansos PKH dan BPNT berkesempatan besar juga menerima PIP Kemdikbud tahap 4-40.

Lalu bagaimana progres pencairan bansos PIP di minggu kedua bulan September 2024?

Dikutip dari unggahan video di kanal YouTube Diary Bansos, hari Senin (9/9/24), terpantau KPM mendapatkan pencairan bansos PIP untuk jenjang SMA, SMK Sederajat.

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Cair pada Bulan September 2024, Ini Rincian Besarannya

KPM mengunggah bukti struk penarikan bansos PIP dengan nominal Rp1,8 juta di rekening SimPel BNI pada tanggal 7 September 2024.

Pencairan bansos PIP ini diperuntukkan bagi KPM yang sudah tercantum di SK Pemberian bansos PIP dan telah melakukan aktivasi rekening SimPel BNI (untuk jenjang SMA, SMK, Sederajat) sebelum tanggal 30 Juni 2024.

Lalu bagaimana jika KPM penerima PIP baru melalui aktivasi rekening di bulan Juli atau Agustus, apakah juga menerima pencairan di bulan September?

Berdasarkan pemantauan pendamping sosial, jika KPM melakukan aktivasi rekening SimPel BRI untuk jenjang SD, SMP, sederajat, BNI jenjang SMA, SMK Sederajat, Mandiri jenjang MI, MTs, dan MA serta BSI (khusus wilayah Provinsi Aceh) di bulan Juli-Agustus, diestimasikan dana PIP akan cair di bulan Oktober, November, atau Desember 2024.

BACA JUGA:Cek Rekening, Bansos PKH dan BPNT untuk 40 Ribu KPM di Bengkulu Utara Sudah Cair

Kategori :