Beda dengan Biaya Rumahan, Segini Besaran Tarif Isi Baterai Mobil Listrik di SPKLU

Minggu 15-09-2024,05:38 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

Biaya Charge Mobil Listrik di Rumah 

Selain di SKPLU, mengisi daya mobil listrik juga dapat dilakukan di rumah, tidak berbeda signifikan dengan di SPKLU. 

Mengisi baterai di rumah untuk mobil listrik juga terbilang lebih praktis dan murah. Hal ini karena harga per kWh yang ditetapkan PLN berada pada angka Rp1.500. 

Sementara, untuk mengisi daya baterai kendaraan mobil listrik didukung dengan fasilitas penambah listrik atau kekuatan daya listrik yang kuat. Kapasitas daya listrik di rumah minimal 2.200 VA.  

Meski begitu, biaya charge di SPKLU dan di rumah sama-sama membutuhkan waktu pengisian yang lebih lama untuk posisi baterai dalam keadaan kosong, sehingga membutuhkan waktu 8 hingga 9 jam dengan daya baterai 6,6 kW hingga 7,4 kW sesuai dengan daya tampung baterai.  

Selain itu, ketersediaan infrastruktur untuk lokasi SPKLU sudah beroperasi secara optimal di setiap titik hingga kawasan jalan tol untuk kebutuhan pengguna kendaraan listrik. SPKLU saat ini juga telah didukung dengan tiga jenis moda pengisian daya mulai dari medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging.  

Bagi pengendara yang belum tahu titik lokasi penyedia SPKLU, langkah mudah yang perlu diterapkan dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh di ponsel pintar. 

BACA JUGA:2 Nyawa Melayang Akibat Transaksi di MiChat, Begini Alur dan Penyebab yang Diungkap Polresta Bengkulu

Cara Pengisian Daya Mobil Listrik di SPKLU

Untuk mengisi ulang daya mobil listrik di SPKLU, pengguna mobil listrik perlu untuk memiliki aplikasi Charge.IN dari PLN. Aplikasi ini merupakan aplikasi khusus yang dikembangkan untuk membantu proses pengisian daya kendaraan listrik (EV) di SPKLU.

Selain dapat membantu pengisian daya, Charge.IN dapat membantu pengguna kendaraan listrik untuk dapat mengetahui lokasi pengisian daya, rekam jejak transaksi, dan total konsumsi pemakaian daya. Segala pembayaran di aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah, karena terhubung dengan LinkAja.

Cara charge mobil listrik di SPKLU dengan menggunakan Charge.IN adalah sebagai berikut:

1. Mencari lokasi tempat pengisian mobil listrik terdekat menggunakan aplikasi Charge.IN.

2. Kunjungi SPKLU yang dipilih.

3. Memasang gun yang sesuai dengan kebutuhan mobil yang digunakan.

4. Menempelkan kartu NFC untuk otentikasi.

Kategori :