7 Jenis Ikan Aligator Berbahaya, Nekat Pelihara Bisa Didenda hingga Rp 1,5 Miliar!

Kamis 12-09-2024,09:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 7 jenis Ikan Aligator berbahaya, nekat pelihara bisa didenda hingga Rp 1,5 miliar!

Ikan aligator (alligator gar) merupakan ikan berbahaya karena memiliki sifat invasif. Ikan ganas ini dapat tumbuh dengan cepat dan mengancam satwa endemik lainnya.

BACA JUGA:Usai Bela Timnas Indonesia, Kiper Naturalisasi Maarten Paes Langsung Bertolak ke Amerika Serikat

Ikan dengan nama ilmiah Atractosteus spatula ini memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai salinitas dari danau air tawar, payau, rawa-rawa, muara, dan teluk.

Ikan aligator memiliki kantung renang yang terhubung ke usus oleh saluran unik, sehingga memungkinkan untuk menelan udara dari permukaan dan hidup di air dengan kadar oksigen yang rendah.

BACA JUGA:Jadi Pahlawan Timnas Indonesia saat Melawan Australia, Intip Silsilah Keluarga Pemain Naturalisasi Maarten Pae

Jenis Ikan Aligator

Berikut adalah jenis ikan Aigator, yakni:

1. Alligator Gar (Atractosteus spatula)

Jenis ikan aligator satu ini dijuluki “monster sungai” karena keganasannya. Saat ini alligator gar terancam punah karena kehilangan habitat dan upaya pemusnahan oleh segelintir orang.

Kabar baiknya, sejumlah orang melakukan upaya penyelematan dengan mengembangbiakkan ikan jenis ini di bagian selatan Amerika Serikat.

2. Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus osseus)

Spesies aligator ini banyak ditemukan di wilayah selatan Kanada hingga Meksiko. Ikan ini memiliki bentuk tubuh dan rahang yang ramping. Dengan bentuk gigi menyerupai kerucut, membuat ikan ini mudah menangkap mangsanya.

BACA JUGA:Ini Penyebab Dana Desa Tahap II untuk 37 Desa di Bengkulu Tengah Belum Dicairkan

3. Ikan Tutul (Lepisosteus oculatus)

Kategori :