Ini 15 Jenis Hewan yang Dilindungi di Indonesia Serta Asal Daerahnya, Harus Tahu!

Kamis 12-09-2024,10:01 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 15 Jenis hewan yang dilindungi di Indonesia serta asal daerahnya, harus tahu!

Hewan langka adalah hewan yang berada dalam kondisi terancam akan hilang atau sepenuhnya punah karena jumlahnya yang sedikit dan tingkat reproduksi yang kecil.

BACA JUGA:Catat! Ini Syarat Kupedes BRI 2024 Terbaru, Solusi Tambahan Modal Usaha dengan Bunga Ringan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan jenis tumbuhan dan hewan dilindungi di Indonesia dalam Peraturan Menteri LHK No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, yang terbit pada tanggal 29 Juni 2018.

Salam peraturan ini tercantum berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dilindungi, yaitu 562 jenis burung, 137 jenis mamalia, 37 jenis reptil, 26 jenis insekta, 20 jenis ikan, 127 jenis tumbuhan, 9 jenis Krustasea, Muluska, dan Xiphosura, serta satu jenis amphibi, sehingga totalnya adalah 919 jenis.  

Terdapat penambahan daftar jenis tumbuhan dan hewan yang dilindungi dalam P.20/2018, yaitu sebanyak 241 jenis atau 26% dari daftar yang tercantum dalam lampiran Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 (PP.7/1999) tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

BACA JUGA:Indodax Market Bitcoin Indonesia Kena Hack, Kerugian Capai Rp 221 Miliar, Dana Investor Aman?

Penetapan jenis tumbuhan dan hewan dilindungi ini bertujuan untuk mencegah tumbuhan dan hewan dari kepunahan akibat kerusakan habitat dan perdagangan (termasuk perburuan) yang tidak terkendali.

Maka dari itu, agar kita juga dapat menjaga kelestarian hewan yang dilindungi, kita juga harus mengetahui hewan apa saja yang dilindungi di Indonesia.

Yuk, ketahui pembahasan daftar hewan yang dilindungi di Indonesia beserta asal daerahnya berikut ini simak sampai akhir, ya!

BACA JUGA:Catatan Rekor Pertemuan Antara Timnas Indonesia vs Australia, Hanya Menang 1 Kali di 19 Laga

Hewan yang Dilindungi di Indonesia

Berikut daftar hewan dilindungi di Indonesia lengkap dengan asal daerahnya:

1. Trenggiling

Trenggiling dapat dijumpai di hutan pegunungan Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara. Populasinya diperkirakan terancam punah karena deforestasi.

Kategori :