Mantap! Pemacing di Texas Dapat Ikan Aligator Terbesar, Beratnya Capai 128 Kg

Kamis 12-09-2024,11:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

2. Ikan terbesar dijenisnya

Aligator gar adalah jenis ikan gar yang terbesar. Mereka bisa tumbuh sampai 10 kaki atau sekitar 3 meter dengan berat mencapai 350 pon atau sekitar 158 kg.

Biasanya, jantan lebih besar dari betina. Salah satu ikan aligator gar terbesar yang pernah ditangkap beratnya mencapai 327 pon atau sekitar 148 kg, dan itu terjadi di Danau Chotard, Mississippi pada tahun 2011.

BACA JUGA:Terima Kasih Pak Gub, Sejak Tahun 2021 Sudah 396.942 Unit Kendaraan Dapat Gratis Denda Pajak

3. Teknik berburu

Aligator gar adalah predator cerdas yang bisa memburu mangsa dengan cara diam-diam menunggu atau berenang perlahan di bawah air. Ikan ini punya gigi yang tajam dan kuat yang bisa menggigit mangsa dengan cepat.

Mereka memakan berbagai jenis mangsa, termasuk ikan hidup atau mati, krustasea, serangga, katak, burung, atau mamalia kecil.

4. Telur yang beracun

Telur ikan aligator gar bisa beracun bagi manusia jika dikonsumsi. Racun dalam telur ini berperan sebagai bentuk pertahanan dari predator, misalnya udang. Ikan aligator gar termasuk jenis ikan ovipar, yang berarti mereka bertelur.

Seekor betina bisa menetaskan hingga 50.000 telur sekaligus. Telur mereka berwarna hijau dan ditempel pada tumbuhan air.

BACA JUGA:Sabar Ya, Pencairan Bansos PKH dan BPNT Triwulan 3 via Kantor Pos Terpaksa Ditunda karena Ini

5. Warna yang berbeda-beda

Warna ikan aligator gar bisa bervariasi tergantung pada tempat tinggalnya. Mereka bisa memiliki warna abu-abu, hijau, atau coklat di punggungnya, dengan atau tanpa bintik.

Variasi warna ini membantu ikan aligator gar menyamarkan diri dengan lingkungan sekitarnya. Bagian perut mereka biasanya berwarna putih atau kuning.

6. Habitat asli

Ikan aligator gar mendiami wilayah Amerika Utara dan Tengah saja. Mereka biasa ditemukan di sungai, danau, rawa, bayou, dan waduk di bagian selatan Amerika Serikat serta timur Meksiko.

Kategori :