Mantap! Pemacing di Texas Dapat Ikan Aligator Terbesar, Beratnya Capai 128 Kg

Kamis 12-09-2024,11:17 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Adapun aligator gar terbesar yang pernah tercatat ditemukan di sungai Mississippi pada 2011 dengan berat mencapai 148 kilogram. Namun, ikan ini tak dihitung sebagai rekor IGFA (International Game Fish Association) karena ditangkap secara tak sengaja oleh jaring ikan.

Aligator gar sendiri bisa tumbuh sangat besar karena habitatnya yang luas dengan makanan yang berlimpah. Mereka tumbuh sangat cepat di tahun-tahun awal kehidupannya, bisa mencapai setengah meter di usia satu tahun, dan 1,8 meter pada usia 20 tahun.

BACA JUGA:Murid SMA Ini Patungan Belikan Teman Sepeda, Alasanya Bikin Haru

Ketika ikan gar mencapai panjang 1,8 meter, tingkat pertumbuhannya melambat secara drastis, tapi mereka dapat terus tumbuh sepanjang hidupnya, yang mencapai lebih dari 100 tahun.

Aligator gar yang ditangkap Art Weston diperkirakan berusia antara 50 hingga 80 tahun berdasarkan ukurannya.

Namun, David mengatakan mustahil untuk mengetahui usianya secara pasti tanpa tulang telinga atau otolith. Otolith sendiri memiliki garis pertumbuhan, seperti cincin di pohon yang dapat digunakan untuk menentukan usia.

BACA JUGA:Terima Kasih Pak Gub, Sejak Tahun 2021 Sudah 396.942 Unit Kendaraan Dapat Gratis Denda Pajak

Dilihat dari ukurannya, gar yang ditangkap kali ini kemungkinan besar seekor betina. Ini karena betina dapat tumbuh jauh lebih besar ketimbang jantan.

“Aligator gar sebesar ini benar-benar langka, dan jika kita ingin terus melihat aligator gar berukuran besar, kita perlu melestarikannya, terutama yang berukuran raksasa,” kata David.

“Jika kita terus-menerus membunuh mereka dari satu populasi atau spesies, kita menghilangkan gen yang menyebabkan pertumbuhan besar, yang pada akhirnya akan menghasilkan individu berukuran lebih kecil dalam suatu populasi.”

BACA JUGA:Ada Transaksi Misterius, Ini Nasib Saldo Nasabah Indodax Setelah Kena Hack Miliaran Rupiah!

Fakta Unik Ikan Aligator Gar

Sementara itu, masuk ke keluarga ikan gar yang masih punya hubungan sama ikan lele, inilah 7 fakta unik tentang ikan aligator gar:

1. Ikan purba

Ikan aligator gar atau Atractosteus spatula adalah ikan purba yang sudah ada sejak 157 juta tahun yang lalu. Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan gar yang memiliki hubungan dekat dengan ikan lele.

Ikan aligator gar memiliki sisik yang tebal dan keras yang berfungsi sebagai pelindung dari predator. Ikan ini juga memiliki kandung kemih yang dapat digunakan untuk bernapas di udara.

Kategori :