Profil Thom Haye, Bintang Lini Tengah Timnas Indonesia yang Dipinang Almere City Liga Belanda

Jumat 13-09-2024,22:04 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Pemain Timnas Indonesia Thom Haye Calon Pemain Termahal di Klub Almare City, Intip Profilnya

Garis keturunan Indonesia mengalir dari kakek dan neneknya. Kakek Thom Haye diketahui berasal dari Solo, Jawa Tengah, dan neneknya merupakan orang Sulawesi.

Minatnya terhadap sepak bola dimulai sejak usia dini, Haye menempuh pendidikan dan pelatihan sepak bolanya di akademi sepak bola AFC Youth, kemudian ia pindah ke tim muda AZ Alkmaar pada musim 2006/2007.

Seiring perkembangan permainannya, Haye akhirnya tampil reguler di tim utama AZ Alkmaar pada tahun 2014. Ia mengukir debut bersama AZ Alkmaar ketika menghadapi Ajax Amsterdam.

Sejak debutnya itu, Haye memiliki catatan 73 kali tampil, 5 gol, dan 2 assist sebagai gelandang bertahan.

Setelah bertahun-tahun membela AZ Alkmaar sejak usia muda hingga ke tim utama, Haye akhirnya meninggalkan klub tersebut dan berlabuh ke kontestan Eredivisie lainnya, Willem II di musim 2016-2017.

BACA JUGA:Bintang Timnas Indonesia Thom Haye Gabung ke Klub Kasta Tertinggi Liga Belanda, Almere City FC

Selepas membela Willem II, Thom Haye mengambil tantangan baru dengan bermain di luar Belanda, tepatnya ke liga Italia untuk membela Lecce di musim 2018. Sayangnya, ia hanya bertahan selama satu musim di klub tersebut.

Thom Haye menyandang status free transfer setelah berpisah dengan Lecce dan memutuskan untuk kembali ke Belanda.

Setelah kembali ke Belanda, Haye berlabuh di klub kasta kedua liga Belanda saat itu, ADO Den Haag pada September 2019, namun di paruh musim ia dipinjamkan ke NAC Breda.

Setelah kerap kali dipinjamkan ADO Deh Haag ke NAC Breda, Haye kemudian merapat ke SC Heerenveen pada 31 Januari 2022. Bersama klub Eredivisie Belanda itu, statistik Thom terbilang cukup baik. Ia menorehkan 5 gol dan 10 assist selama 68 kali bermain untuk Heerenveen.

Dua tahun bersama Heerenveen, kini Haye kembali berstatus free transfer, ia kerap dikaitkan dengan klub-klub Eropa lainnya seperti, Dynamo Zagreb dan mantan klubnya, NAC Breda.

BACA JUGA:Hasil Skuad Timnas Indonesia Vs Australia Tanpa Gol, Ini Klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Thom Haye resmi menjadi WNI pada Senin dini hari, tanggal 18 Maret 2024, dan menjalani debutnya saat Timnas Indonesia bersua Vietnam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia zona Asia di tanggal 26 Maret 2024.

Sebelum membela timnas Indonesia, Thom Haye pernah membela timnas Belanda untuk level kelompok umur. Ia tercatat pernah tampil untuk Belanda U15, U16, U17, U19, U20, dan U21. Namun, Thom belum tembus ke tim senior.

Itulah ulasan, profil Thom Haye, bintang lini tengah Timnas Indonesia yang dipinang Almere City Liga Belanda.

Kategori :