Kenapa Kabupaten Kepahiang Tahun Ini Tidak Ada Penerimaan CPNS dan PPPK?

Sabtu 14-09-2024,12:50 WIB
Reporter : Nico Relius
Editor : Purnama Sakti

KEPAHIANG, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Kabupaten Kepahiang memastikan tahun ini tidak ada penerimaan CPNS maupun PPPK.

Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan belum adanya analisis kebutuhan pegawai di setiap OPD sehingga untuk tahun 2024 ini Pemkab tidak membuka penerimaan CPNS maupun PPPK.

Walaupun selama ini beberapa OPD masih mengeluhkan kekurangan tenaga ASN seperti Satpol PP dan Damkar serta beberapa OPD lainnya yang masih banyak dibantu tenaga honorer untuk operasional.

BACA JUGA:Contoh Soal dan Kunci Jawaban Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS 2024

Sekretaris Daerah Kepahiang, Hartono membenarkan hal tersebut mengingat saat ini Pemkab masih memetakan total kebutuhan untuk ASN di seluruh OPD. Termasuk kebutuhan tenaga teknis serta bidang-bidang lainnya.

"Untuk tahun ini tidak ada, karena seluruh OPD masih melakukan analisis kebutuhan secara rill terkait berapa butuhnya dan tenaga apa yang dibutuhkan sehingga bisa direkrut sekaligus mengingat setiap kali perekrutan tentunya memakan anggaran yang tidak sedikit," terang Sekda, Sabtu (14/9).

Untuk kebutuhan selanjutnya, kata Sekda, Pemkab Kepahiang akan mengajukan formasi kebutuhan ditahun anggaran 2025 mendatang, jika telah didapati total kebutuhan setiap OPD.

BACA JUGA:Update Kasus PPPK Langkat, Hasil Gelar Perkara Tetapkan Tiga Tersangka Tambahan

Dengan mengetahui jumlah pasti yang dibutuhkan, Sekda Kepahiang mengatakan penerimaan CPNS tidak perlu dilakukan setiap tahun.

"InsyaAllah tahun depan kita ajukan, dengan catatan hasil analisis kebutuhan ASN sudah dipetakan oleh BKD PSDM sesuai pengajuan dari masing-masing organisasi perangkat daerah," kata Sekda.

BACA JUGA:Ini Passing Grade atau Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2024 untuk Semua Formasi

Sebelumnya, Pemkab Kepahiang telah mengajukan kebutuhan untuk formasi kebutuhan tenaga PPPK untuk kategori Satpol PP dan Damkar yang memang minim tenaga ASN, lantaran sejak awal belum adanya formasi untuk tenaga penegak perda ini diajukan untuk formasi khusus Satpol PP dan Damkar.

 

Nico Relius

Kategori :