Daftar 15 Bank Bangkrut Terbaru 2024, Kok Bisa? Ini Penyebab dan Profilnya

Minggu 15-09-2024,12:18 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

- Tanggal Penutupan: Penutupan terjadi karena masalah serupa dengan bank lainnya, yaitu kegagalan dalam manajemen dan operasional.

BACA JUGA:Kabar Gembira! PT Freeport Buka Lowongan Kerja September 2024 untuk 27 Formasi, Fresh Graduate Bisa Daftar

14. BPR Lubuk Raya Mandiri

- Alamat: Jalan By. Pass, Km. 6, RT.003, RW.006, Lubuk Begalung Nan XX Lubuk Begalung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat

- Tanggal Penutupan:  PT BPR Lubuk Raya Mandiri bangkrut dan dicabut izin usahanya mengacu Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-56/D.03/2024 tanggal 23 Juli 2024.
Penutupan disebabkan oleh kegagalan dalam mengatasi masalah permodalan dan likuiditas.

15. BPR Sumber Artha Waru Agung

- Alamat: Jalan Raya Wadung Asri Nomor 70A, Waru, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur

- Tanggal Penutupan: Pencabutan usaha bank yang beralamat di Jalan Diponegoro No. 171, Kota Denpasar, Provinsi Bali ini mengacu Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-34/D.03/2024 tanggal 4 April 2024 tentang Pencabutan Izin Usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bali Artha Anugrah.

Penutupan sejumlah BPR pada tahun 2024 menunjukkan adanya masalah mendasar dalam pengelolaan dan kesehatan keuangan bank-bank tersebut.

BACA JUGA:Daftar 5 Pinjaman Bank Bunga Rendah Tahun 2024, Cocok untuk Tambahan Modal Usaha

Banyak dari mereka mengalami masalah pengelolaan yang serius dan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh OJK.

LPS berperan penting dalam memastikan nasabah dapat memperoleh klaim penjaminan simpanan mereka dan menyelesaikan likuidasi bank yang ditutup.

Kenaikan jumlah BPR yang bangkrut ini menjadi tantangan besar bagi sektor perbankan di Indonesia, dan mencerminkan perlunya perbaikan dalam pengawasan dan manajemen keuangan di level bank perekonomian rakyat.

Demikianlah informasi tentang profil dan penyebab bank yang bangkrut pada tahun 2024.

Tianzi Agustin

Kategori :