Berapa Insentif Prakerja 2024? Ini Besarannya, Lengkap dengan Cara Mencairkannya

Senin 16-09-2024,19:24 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:5 Rekomendasi HP Xiaomi Daya Baterai Tahan Lama 2024, Super Irit!

Dengan dana ini, peserta dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, seperti transportasi saat mencari kerja atau kebutuhan lain yang mendukung proses mencari pekerjaan. 

Sedangkan insentif pengisian survei bertujuan untuk mendorong peserta memberikan feedback yang berguna bagi evaluasi dan peningkatan program di masa mendatang.

Cara Mendapatkan Insentif Prakerja Gelombang Terbaru

Untuk menerima insentif pelatihan prakerja, peserta harus memastikan sudah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan.

Setelah dinyatakan lolos, peserta akan mendapatkan saldo ke akun masing-masing. Saldo tersebut digunakan untuk membeli kursus atau kelas dan tidak dapat ditunaikan.

BACA JUGA:Sudah Tahu Belum, Ini Cara Melihat Status Pendaftaran Subsidi Tepat MyPertamina, Bisa Langsung Dicoba

Peserta bisa memilih beragam kelas sesuai minat di beberapa platform, salah satunya di Tokopedia. Setelah membeli kelas atau kursus yang diinginkan, peserta harus mengikuti kelas dan ujian atau tes akhir. 

Seperti ujian pada umumnya, tes ini juga memiliki nilai minimal. Jika nilai yang didapatkan di bawah minimal, maka peserta wajib untuk mengulang kelas. Insentif akan diterima setelah peserta mendapatkan sertifikat tanda lulus.

Cara Mendapatkan Insentif Survei Prakerja  

Kemudian, ada juga insentif tambahan yang bisa didapatkan penerima kartu prakerja dengan mengisi survei evaluasi kartu prakerja. Setelah selesai mengisi survei, peserta akan mendapatkan insentif tambahan.

BACA JUGA:Selain Indonesia, Ini 5 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa, Siapa Saja?

Berikut ini tata cara untuk mengisi survei dan mendapatkan insentif survei kartu prakerja:

1. Masuk ke dashboard prakerja.go.id dengan memasukkan email dan password

2. Setelah masuk, jika waktunya sudah 30 hari, maka secara otomatis survei akan muncul di halaman awal dashboard peserta3.  Isi setiap pertanyaan yang ada dalam survei tersebut hingga selesai

4. Jika sudah selesai mengisi survei, klik bagian ‘insentif’ untuk mengetahui bahwa dana segera diproses dengan tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak manajemen kartu prakerja

Kategori :